Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2021-12-22
  • Petra Nusa Elshada

Apa Saja Manfaat Geomembrane?

Geomembrane adalah jenis material Geosynthetic yang difungsikan untuk pelapis kedap air yang terbuat dari bahan sintetik semacam plastik. Geomembran diproduksi dengan menggunakan lembaran polimer tipis pada umumnya, tetapi diproduksi juga dengan menggunakan impregnasi

HDPE geomembrane ini juga, dapat di gunakan sebagai lapisan kedap untuk memisahkan material padat maupun cairan yang berupa limbah maupun non limbah dengan sifatnya yang kedap membuat tanah dasar di bawahnya tetap terjaga. Di manakah lokasi penggunaan Geomembrane ini? Sebagai berikutĀ :

Baca Juga

Ukuran Geomembrane

1. Pekerjaan Konstruksi Jalan

Geomembrane untuk konstruksi jalan


Plastik geomembrane bisa di gunakan untuk lapisan tanah yang berair (memiliki mata air) yang sulit kering. Geomembrane juga berfungsi sebagai separator atau lapis kedap sehingga timbunan tanah bagus / timbunan perkerasan di atasnya menjadi baik tidak terganggu dari air maupun tanah lunak.

2. TPA Sampah dan Limbah

Geomembrane untuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir sampah atau limbah


Di area Tempat Pembuangan Akhir sampah dan limbah, jenis plastik geomembrane dapat berfungsi sebagai lapis kedap menjaga tanah baik dan tidak tercampur oleh mikroorganisme jahat.

3. Budidaya Tambak

Fungsi dari plastik geomembrane pada tambak adalah untuk mencegah debit air pada tambak berkurang karena pasang surut air laut sehingga dapat menjaga kelangsungan hidup ikan ataupun udang.

4. Pond Lining

geomembrane untuk lining

Baca Juga

Jenis bahan dasar kolam tambak


Pond liner adalah geomembrane kedap yang di gunakan untuk retensi cairan, termasuk lapisan reservoir, bak retensi, penyumbatan permukaan berbahaya dan tidak berbahaya, kolam taman dan aliran buatan di taman dan kebun.