Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2021-11-09
  • Petra Nusa Elshada

Cara Penyambungan Geomembrane

Cara penyambungan geomembrane. Geomembrane adalah suatu material yang terdiri dari jenis jenis bahan namun pada umumnya dan lebih popular khususnya di dalam negri yaitu jenis High Density Polyethylene (HDPE) dan Low Density Polyethylene (LDPE) yang mempunyai karakter impermeabel/kedap air, biasa di gunakan untuk pelindung dasar atau tebing, penampung cairan atau air.

Contoh, geomembrane di gunakan untuk pelindung kolam atau tambak supaya air tidak tercampur dengan tanah dasar & juga untuk mencegah berkurangnya volume air.

Terdapat dua jenis sambungan yaitu sambungan extrusion weld dan sambungan fusion weld.

  •  Cara Extrusion yaitu dengan cara penyambunganya menggunakan batangan HDPE dan alat pemanas seperti metode las (pemanasan).
  •  Cara Fusion yaitu dengan cara penyambungannya menggunakan alat Hot Wedge yang memanaskan dua lembar Geomembrane (overlaping) sehingga menyatu.

Baca Juga

Geomembrane spesifikasi detail

Dalam penyambungan di bagian lereng yaitu dari atas ke bawah atau sebaliknya, bukan arah melintang lereng. Di bagian sudut dan pada geometris yang tidak beraturan penyambungan harus sesedikit mungkin.

Sambungan ‘ T ’ tidak boleh lebih dekat dari 5‘’(feet) dari ujung bagian kaki lereng. Penyambungan di tempatkan dan harus di hindari kerutan dan ‘mulut ikan’. Apabila terdapat kerutan dan ‘mulut ikan’ (fish mouth) maka harus di potong dan di tutup dengan lembaran Geomembrane (cap-stripped).

proses penyambungan geomembrane