• 2022-01-11
  • Petra Nusa Elshada

Fungsi dan Pengertian Geotextile Woven

Terlebih dahulu kita mengenal dulu Kata Geosintetik yang terdiri dari dua kata yaitu Geo (bumi) dan Sintetik (buatan). Jadi Geosintetik ini bisa dibilang sebagai material atau bahan buatan yang sering di dipakai untuk pekerjaan kontruksi. Geosintetik ini mempunyai beberapa bentuk salah satunya Geotextile. Geotextile yaitu lembaran tipis , lentur dan berpori, Geotextil  terbagi dua yaitu Geotextil Woven & Geotextil Non Woven, nah yang akan kita bahas kali ini salah satunya yaitu Geotextile Woven.

Baca Juga

Product Geotextile Woven

Geotextile Woven atau sering di sebut juga Geotekstil anyam terbuat dari bahan  Polypropylene (PP) atau Polyester (PET), yang di anyam seperti bahan pakaian yang pada umumnya kita pakai , proses penganyamannya pun hampir sama, dengan searah mesin (MD) dan melintang mesin (CD).

Geotekstil Woven adalah lembaran yang umumnya berwarna hitam dan teranyam seperti karung  biasanya di gunakan di bidang kontruksi yang berfungsi untuk separator, filter , perkuatan, dan proteksi , kita ambil salah satu contoh sebagai lapisan untuk memperkuat tanah dasar yang lunak, jadi untuk beban di atas bisa tersalurkan dengan merata.

Geotextile Woven
Geotekstil
lapisan geotekstil
pekerjaan jalan denga geotextile woven

Keunggulan Geotextil Woven adalah ;

    ̴ Memiliki kekuatan tarik dan tusuk yang tinggi, Ekonomis & ramah lingkungan, instalasi mudah

    ̴ Tahan terhadap paparan sinar UV, jamur & mikroorganisme, terhadap zat kimia.

Dalam kontruksi pekerjaan akan lebih menghemat waktu dan biaya serta memiliki hasil yang kuat , stabil , awet dan tahan lama.