Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2021-12-20
  • Petra Nusa Elshada

Jenis Geogrid dan Fungsi Geogrid

Berikut jenis Geogrid dan fungsinya. Terdapat jenis jenis Geogrid yang beredar di pasaran, namun umumnya ada empat jenis yang di pakai yaitu Geogrid Uniaxial, Geogrid Biaxial, Geogrid Triaxial, dan Geogrid Polyester.

Geogrid Uniaxial

Geogrid uniaxial merupakan jenis yang mempunyai bentuk garis memanjang dan di buat secara integral, Geogrid Uniaxial bisa terbuat dari tiga bahan polimer yang berbeda yaitu: Polypropylene (PP), High Density Polyethylene (HDPE), dan Polyester (PET). Di rancang khusus untuk perkuatan pada dinding penahan tanah (retaining wall), stabilisasi lereng / perkuatan lereng (slope reinforcement), dan perkuatan timbunan.

Jenis Geogrid ini lebih condong di pakai untuk didnding penahan tanah (retaining wall) pada lereng yang tingkat kemiringanya memiliki resiko terjadinya longsor dan lebih beresiko lagi jika ada bangunan di atasnya. Cara pemakaian geogrid Uniaxial ini di gelar pada lapisan tanah yang kemudian di padatkan lapis demi lapis untuk mencapai kepadatan, tujuannya agar menjaga kestabilan tanah.

Uniaxial Geogrid

Geogrid Biaxial

Merupakan jenis geogrid yang mempunyai bentuk kotak , Geogrid Uniaxial bisa terbuat dari tiga bahan polimer yang berbeda yaitu: Polypropylene (PP), High Density Polyethylene (HDPE), dan Polyester (PET). Geogrid biasanya di gunakan untuk memperkuat sebagai dinding penahan, subbases atau subsoils bawah jalan atau bangunan , serta perkuatan kontruksi jalan yang mempunyai kontur tanah sangat lunak seperti lahan gambut , rawa , dan daerah berlumpur . cara kerja geogrid biaxial adalah sebagai interlocking atau mengunci agregat .

Fungsi dari Biaxial lebih berfungsi sebagai tulangan atau perkuatan dan tak memiliki sifat-sifat pada material geotextile seperti pemisah, drainase, filtrasi, dan penghalang air.

Geogrid Biaxial

Geogrid Triaxial

Merupakan pengembangan dari geogrid biaxial yang tentuna memiliki keunggulan lebih ketimbang geogrid biaxial. Geogrid Triaxial memiliki bentuk segitiga dan memiliki kontur yang lebih kaku sehingga penyebaran beban menjadi lebih merata.

Baca Juga

Produk detail Geogrid

Fungsi dari Triaxial ini  sama dengan Biaxial, yaitu sebagai material untuk stabilisasi tanah dasar yang lunak, hanya saja performance nya lebih baik.

Triaxial Geogrid

Geogrid Polyester

Polyester Geogrid Warp rajut Kekuatan Tinggi adalah jenis bahan dasar baru berkualitas tinggi yang memperkuat roadbed. Ia menggunakan polyester kekuatan tinggi dan serat polipropilen sebagai bahan bakunya dan kemudian di rajut searah dan di lapisi dengan lem khusus.

Fungsi dari Geogrid Polyester ini meningkatkan pekuatan tanah dasar, menyebarkan beban ke tanah dasar menjadi lebih merata , menunda atau mencegah retakan khususnya pada jalan.