• 2023-04-13
  • PNE Team

Komparasi Karpet Beton dengan Beton Konvensional

Concrete Mat Cloth

Karpet beton atau dapat disebut sebagai Concrete Mat Cloth merupakan sebuah produk geosintetik terbarukan. Karpet beton sebagai geosintetik merupakan sebuah material komposit yang dapat digunakan pada area konstruksi. Karpet beton terbuat dari 2 lapisan geosintetik, yaitu geotextile dan geomembrane. Diantara lapisan geosintetik terdapat lapisan sebuah lapisan 3D fiber dan serbuk aktif untuk beton. Serbuk beton ini yang merupakan material yang sangat reaktif terhadap carian air. Ketika serbuk beton mengalami kontak dengan air, maka akan terjadinya reaksi yang dapat membuat struktur beton pada karpet beton terbuat.

karpet beton
Karpet beton

Beton Konvensional

Beton merupakan sebuah material bangunan komposit yang terbuat dari kombinasi dibentuk oleh campuran semen, air, agregat halus, agregat kasar yang berupa batu pecah atau kerikil, udara serta bahan campuran lainnya.

beton konvensional
Beton konvensional

Karpet Beton

Karpet beton merupakan sebuah produk yang menjadi alternatif pengganti beton. Hal ini dikarenakan karpet beton dapat diletakkan pada kondisi area yang cukup kompleks. Tak lupa proses pengeringan pada karpet beton cukup cepat, dimana hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam maka karpet beton akan mulai mengalami pengerasan. Dalam waktu 1-2 jam

karpet beton masih dapat disesuaikan kembali dengan lapangan. Pada 24 jam, kemampuan karpet beton sudah mencapai 75% hingga 80% dari kekuatan optimal karpet beton itu sendiri.

Concrete mat cloth

Pada beton umumnya digunakan pada area yang tidak terlalu kompleks. Penggunaan beton pada area kompleks, perlu dilakukan pembentukkan terlebih dahulu atau bisa disebut sebagai beton pracetak (precast). Pengerasan pada beton umumnya terjadi mulai dari rentang 1 jam hingga 10 jam mengikuti komposisi dari beton dan cuaca yang ada. Proses pengerasan beton untuk mendapatkan kekuatan optimal memerlukan waktu dengan kisaran 14 hari hingga 28 hari.

Kemampuan compressive strength pada karpet beton memiliki nilai dengan rentang 35 MPa hingga 40 MPa (rentang sekitar 5.000 psi). Sedangkan pada beton, memiliki keragaman kekuatan sesuai kebutuhan. Pada umumnya beton memiliki rentang compressive strength sebesar 15 MPa (2.200 psi) hingga mencapai 30 MPa (4.400 psi). Namun, beton juga memiliki spesifikasi khusus menyesuaikan kebutuhan (high strength specification) dengan nilai ≥ 70 MPa (≥ 10.000 psi).

Tabel Komparasi Karpet Beton dengan Beton Konvensional

PT. Petra Nusa Elshada menyediakan karpet beton (Concrete Mat Cloth) terbuat dari material geotextile dan geomembrane. Karpet beton yang tersedia memiliki ketebalan 5 mm, 8 mm, dan 13 mm.

Hubungi kami