• 2022-01-05
  • Petra Nusa Elshada

Fungsi Serta manfaat Geobag Untuk Perkuatan Lereng

Lereng adalah suatu daerah yang pemukaan tanahnya miring, yang sering mengakibatkan tejadinya erosi dan longsor.

Banyak faktor yang mengakibatkan terjadinya erosi dan longsor di daerah lereng. Beberapa contoh faktor yang mengakibatkan terjadinya erosi dan longsor. Yaitu curah hujan yang tinggi, lereng yang terjal, getaran (gempa bumi), hutan yang gundul, adanya lahan pertanian di lereng, tanah yang tidak padat, tumpukan sampah.

Baca Juga

Product detail Geobag (Geotextile Bag)

Geobag ini bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya erosi dan longsor khususnya di bagian lereng. Geobag ini terbuat dari material geotextile woven atau geotextile non woven. Yang di jahit menyerupai karung, dimensi/ukuranya bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Cara pengisiannya pun mudah bisa menggunakan material setempat seperti pasir atau tanah.

geobag

Di bandingkan dengan jenis karung lainnya Geobag ini mempunyai keunggulan. Seperti praktis, ramah lingkungan, ekonomis, mempunyai kuat tusuk (puncture resistance) dan kuat sobek (tear resistance) yang tinggi.

Pengaplikasiannya pun mudah, mengisi geobag dengan material pasir atau tanah, lalu di susun ke atas menjadi bantalan bantalan untuk penahan permukaan tanah lereng yang miring.