Geomembran: Spesifikasi, Ukuran Ketebalan dan Fungsinya

Petra Nusa Elshada

Geomembran: Spesifikasi, Ukuran Ketebalan dan Fungsinya

Deskripsi

HDPE Geomembrane

HDPE Geomembrane atau biasa disebut geomembran merupakan pelapis kedap air yang terbuat dari material HDPE (High Density Polyethylene). Material ini memiliki sifat yang baik terhadap sinar Ultraviolet (UV), senyawa alkali, tingkat keasaman tinggi, dan mikroorganisme. Untuk arsitektural produk ini dapat dibuat dengan warna khusus ( hitam, putih, hijau, biru, coklat muda) sesuai dengan keinginan anda.

Ukuran Ketebalan

Geomembran HDPE yang umum di pasar Indonesia memiliki ketebalan 0,3 mm sampai 2 mm. Pemilihan ketebalan dari Geomembrane HDPE ini bergantung pada kondisi lahan, tinggi cairan yang ditampung, dan  tingkat resiko cairan yang ditampung.  Untuk aplikasi aquaculture, geomembrane HDPE yang dibutuhkan tidak terlalu tebal (0,3 mm , 0,5 mm, 0,75 mm ) . Namun, untuk aplikasi limbah yang berpotensi mencemari lingkungan seperti limbah kelapa sawit atau limbah pertambangan, biasanya dibutuhkan  geomembrane yang lebih tebal ( 1,5 mm , 2 mm).

Baca Juga: Apa itu Geomembrane HDPE, Jenis dan Aplikasinya (petrane.co.id)

Instalasi / Pemasangan

Instalasi Geomembrane HDPE atau biasa disebut geomembran sangat praktis dan mudah. Penggunaan material geomembran HDPE dapat memangkasĀ  waktu konstruksi, sehingga biaya konstruksi turut diefisienkan dibandingkan dengan sistem kedap lainnya. Dalam instalasi, produk welding rod HDPE menjadi elemen pelengkap dari HDPE Geomembrane. Material welding rod HDPE ini terbuat dari kualitas bahan yang sama.

Geomembran HDPE

Geomembrane HDPE sanggup memberikan solusi jangka panjang sebagai proteksi terhadap lingkungan dari cairan atau gas pencemar. Parameter material yang tahan terhadap suhu tinggi , yakni 95 oC dan awet hingga lebih dari 10 tahun (pemakaian normal), menjadikan produk ini sebagai investasi dalam suatu project konstruksi. Geomembrane HDPE yang sudah hadir untuk beragam aplikasi dalam sektor konstruksi, pertambangan, agriculture, perindustrian, dan aquaculture menjadi bukti nyata betapa efisien, tangguh, dan tahan lama  lapis kedap ini dibandingkan lapis kedap lainnya.

Baca Juga: Apa saja manfaat geomembrane

Jadikan suatu infrastruktur menjadi suatu investasi. Untuk dukungan secara teknis mengenai penentuan ketebalan, metode instalasi, dan design  dengan geomembrane dapat menghubungi kami melalui halaman Contact US | Petra Nusa Elshada (petrane.co.id) berikut:

Aplikasi dan Fungsi Geomembrane HDPE :

  • Tempat Pembuangan Limbah Industri
  • Tempat Pembuangan Akhir Sampah (Tempat Pembuangan Akhir)
  • Sistem Biogas Limbah Hasil Pengolahan Kelapa Sawit (POME), Tepung Tapioka, Tebu
  • Kolam Penampungan Debu Batu Bara
  • Lapis Kedap Pada Danau, Tanah Ekspansif, Kolam Arsitektural, Sistem Vacum Consolidation
  • Sistem Drainase & Irigasi
  • Lapis Kedap Pada Tambak (Karpet Kolam Tambak / plastik Kolam tambak / Terpal Kolam Tambak)
  • Tempat Penampungan Heap Leach Pad Pada Pertambangan Emas

Seluruh produk telah melewati serangkaian uji laboratorium dan telah memenuhi kriteria international GRI-GM13 dan SNI Binamarga HDPE Smooth.

Spesifikasi dan Ukuran Geomembrane:

Merek:Solmax; Viromax; Viroline
Material:Virgin HDPE (HIGH DENSITY POLYETHYLENE)
Tebal:0,3 mm; 0,5 mm; 0,75 mm; 1 mm; 1.5 mm; 2 mm
Lebar:5,80 m; 6.00 m;  7.00 m; Customize
Panjang:50 m;  105 m; 140 m; 210 m; 280 m; Customize
Berat Per Roll:150 kg; 1500 kg; Customize
Standard:GRI-GM 13 ( INTERNATIONAL)