Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2023-02-24
  • PNE Team

Geonet sebagai Drainage Liner

Dalam sebuah konstruksi, perlunya adanya sistem drainase yang dapat digunakan untuk mengalirkan cairan yang dapat menyebabkan kondisi-kondisi yang tidak terduga. Beberapa kondisi yang sering ditemukan ketika melakukan konstruksi secara geoteknik, seperti: kondisi tanah menjadi jenuh, kondisi tanah tergenang, kondisi lapis kedap menggelembung, terjadi rembesan, dan terjadinya kebocoran.

Untuk mengatasi dan menghindari kondisi tidak terduga tersebut, dapat digunakan sistem drainase menggunakan geonet. Geonet merupakan produk geosintetik yang digunakan sebagai drainage layer. Umumnya geonet digabungkan dengan material geosintetik lain seperti geotextile non woven, sehingga geonet sering disebut geonet composite maupun drainage geocomposite.

geonet
Gambar 1. Geonet Composite

Geonet terbagi menjadi 2 jenis umum, yaitu single sided dan double sided. Geonet single sided merupakan geonet yang digabungkan dengan geotextile non woven di salah satu sisi saja. Sedangkan pada double sided geonet digabungkan dengan geotextile non woven di kedua sisinya. Selain perbedaan umum tersebut, terdapat perbedaan pada gramasi yang digunakan, yaitu 200 g/m2 dan 270 g/m2.

geonet
Gambar 2. Penggunaan geonet pada kolam penampungan

Pada gambar diatas merupakan design sederhana penggunaan geonet sebagai drainage liner yang digabungkan dengan penggunaan geomembrane sebagai area penampungan. Dari lantai kerja, dilakukan penggelaran geonet composite dan dilanjutkan dengan penggelaran geomembrane diatas geonet. Pastikan kondisi geosintetik yang ada digelar telah disambung

dengan baik dan telah dipersiapkan area agnkurnya. Tak lupa untuk membantu sistem drainase pada geonet composite, pastikan terdapat tempat pembuangan cairan yang terkumpul pada area drainase, sehingga cairan tidak akan jenuh pada area geosintetik yang ada.

geonet
Gambar 3. Detail section lapisan geosintetik

Berikut merupakan section detail dari layering geosintetik pada kasus penggunaan geonet composite pada area penampung untuk menjadi sistem pembantu mencegah kerusakan geomembrane yang ada. Penggunaan geonet composite pada kasus ini tidak diwajibkan menggunakan dengan double sided. Geonet composite dapat disesuaikan dengan kondisi lapangan agar menghindari kondisi overbudget pada penggunaannya. Namun semakin tinggi spesifikasi yang ada pada geonet composite, maka akan mendapatkan tingkat keamanan yang semakin besar juga. Berikut merupakan tebal spesifikasi teknis dari Geonet Composite yang disediakan oleh PT. Petra Nusa Elshada:

Tabel 1. Spesifikasi Teknis Geonet Composite (Drainage Geocomposite)

Hubungi kami