• 2022-08-31
  • PNE Team

Geotube: Fungsi, instalasi dan Pembuatannya

Geotube

Geotube atau biasa disebut juga geotextiletube, adalah material yang menyerupai kantung besar serta memiliki bentuk tabung panjang. Dibuat teranyam dengan berbahan geotekstil berpori, Geotube banyak digunakan pada berbagai proyek sipil, biasanya dikhususkan untuk pengendalian erosi. Teknik pengendalian erosi dengan geotube meliputi pembuatan tanggul, dinding penahan air, waduk dan stabilisasi.

geotube pengendali erosi
Geotube pengendali erosi

Memasang geotube pada lokasi bibir pantai merupakan salah satu cara untuk melindungi garis pantai yang mundur pada saat permukaan air laut naik. Geotube juga dapat berfungsi sebagai tembok laut, seperti mengeringkan area konstruksi sementara.

salah satu alasan geotube harus dibuat kuat dan tahan lama adalah karena fungsinya agar dapat menahan pasir yang ada didalamnya. Geotube juga harus berpori (permeabel) agar air yang terperangkap didalamnya dapat keluar.

dewatering adalah metode geotube yang digunakan untuk berbagai kebutuhan atau aplikasi. Dengan cara pengeringan yang baik, pasir bisa dipadatkan di satu lokasi yang sudah ditentukan, volumenya juga dapat diatur agar meningkatkan konsentrasi padatan. caranya, jumlah air pada kantung dikuras hingga mendekati kering sepenuhnya.

Pembuatan Geotube

Bahan dasar Material pembentuk Geotube adalah polimer yang tidak tahan terhadap sinar UV. Konstruksi Geotube juga harus dilindungi terhadap gesekan terbentur material tajam seperti batang kayu yang tersangkut atau benturan benda lain. Dengan pertimbangan kondisi dari tiap bagian yang dipasang Geotube, digunakan concrete mattrass untuk pelindung pada bagian yang riskan benturan serta material geomembran pada bagian yang minim benturan.

pembuatan geotube
Pembuatan Geotube

Pemasangan / Instalasi

Material concrete mattresses adalah komposisi antara dua lapis material geotekstil yang mempunyai fungsi sebagai bekisting; dengan mortar beton sebagai material pengisinya. Material geomembran merupakan material kedap air yang terbuat dari polimer High Density Polyethylene yang mempunyai ketahanan yang baik terhadap zat kimia dan sinar UV. Material ini sangat fleksibel sehingga apabila terjadi penurunan setempat, material tidak akan rusak dan tetap berfungsi dengan baik. Berdasarkan posisi dan elevasinya, pemasangan Geotube ini dibagi menjadi beberapa tipe

geotube
Geotube

Geotube diisi menggunakan sebuah hooper dengan cara mengalirkan cairan pengisi masuk kedalam dengan tekanan pompa dan pengaruh ketinggian Untuk memberikan keluaran air bertekanan tinggi, penggunaan pompa yang memiliki kapasitas 300 m3/jam. Kemudian dilakukan penggelaran material Geotube dan dilakukan pemompaan sampai tinggi rencana tercapai Gambar 20 merupakan tipikal konstruksi dengan proteksi geomembran, sedangkan tipikal konstruksi dengan

Fungsi Geotube

Geotube dapat berfungsi sebagai konstruksi pencegahan erosi dan abrasi, selain itu juga material ini dapat digunakan sebagai pengolahan limbah. dinegara lain geotube banyak juga digunakan sebagai sistem mengolah limbah air industri.

Teknik dewatering yang biasa disebut sebagi teknik pengeringan lumpur primer dan sekunder yang berasal dari limbah sisa produksi cara ini paling tepat menggunakan Geotube karena instalasi yang mudah serta sangat efektif sebagai penanganan limbah.

Diberbagai industri, geotube juga telah banyak digunakan seperti pabrik kertas dan karton, rumah potong hewan, pengolahan kelapa sawit dll. jenis dan kualitas dari geotube memang berbeda beda PT. Petra Nusa Elshada adalah salah satu supplier yang menyediakan geotube dengan kualitas terbaik. untuk pemesanan produk silahkan klik link dibawah.

Hubungi kami