• 2022-09-22
  • Petra Nusa Elshada

Perkuatan Timbunan Tanah dengan Geotextile Woven

Geotextile Woven, dapat sebagai tulangan, pemisah atau drainase. jika timbunan berada pada tanah lunak, perubahan yang berlebihan menimbulkan timbunan menjadi melengkung ke bawah. Terjadinya perubahan ini akan mengakibatkan kerusakan struktur diatasnya. Pada dasarnya timbunan sama seperti balok yang dibebani, apabila timbunan melengkung terlalu tajam, maka akan menimbulkan retak-retak pada bagian bawah. analisa tersebut dapat menghasilkan kekuatan tulangan geotextile yang dibutuhkan agar timbunan tidak berubah secara berlebihan.

Geotextile Woven, jika figunakan pada timbunan jalan atau tanggul bisa mengurangi tegangan-tegangan pada lapisan tanah pada bagian bawah, pada prinsipnya ketika lapisan ini mengalami tarikan akibat beban yang bekerja. Dengan adanya Geotextile Woven, keutuhan struktur timbunan lebih stabil, sehingga beban timbunan disebarkan ke area yang lebih luas, maka Geotextile Woven akan dapat mengurangi tekanan tanah bagian bawah.

Tanah Timbunan telah diperkuat menggunakan Geotextile Woven dapat memberikan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan metoda konvensional, tidak seperti metoda stabilisasi dengan pembangunan berm maupun metoda perpindahan. pada tanah pondasi di bawah timbunan yang terlalu lunak, untuk dapat memperkuat beban timbunan di atasnya, maka dibutuhkan Geotextile Woven untuk perkuatannya.