• 2023-04-27
  • PNE Team

Geofoam, Jenis, Harga dan Panduan Pemilihan

Geofoam adalah

Geofoam adalah sebuah produk geosintetik yang terbuat dari bahan polimer polystyrene (PS). Seperti yang diketahui, geofoam sendiri dapat terbuat dari 2 macam, yaitu Expanded Polystyrene (EPS) dan Extruded Polystyrene (XPS). Pada kesempatan ini, akan dijelaskan mengenai perbedaan 2 jenis geofoam beserta pilihan yang tepat. Sebelum menuju perbedaan pada tiap jenis geofoam, perlu diketahui perbedaan antara proses expanded dan extruded pada pembuatan geofoam.

EPS Geofoam

Proses Expanded merupakan proses yang umumnya terjadi pada bijih plastik Polystyrene. Hasil akhir merupakan sebuah produk styrofoam. Material bijih dikembangkan terlebih dahulu meggunakan uap dan menghasilkan pre puff beads. Bijih yang sudah setengah mengembang akan diisi ke sebuah cetakan dan diberi uap kembali hingga mengembang sepenuhnya.

geofoam eps
Hasil EPS (Expanded Polystyrene) Geofoam

XPS Geofoam

Proses Extrusion (Extruded) merupakan proses yang terjadi pada berbagai jenis plastic untuk mendapat hasil (bentuk) yang cukup kompleks. Material bijih akan ditekan dan dilelehkan melalui lubang cetakan menjadi sebuah material yang kontinyu mengikuti bentuk dari cetakan yang ada pada mesin extrusion.

geofoam xps
Hasil XPS (Extruded Polystyrene) Geofoam

Perbedaan EPS dan XPS

Berikut merupakan perbedaan Geofoam pada Expanded Polystyrene (EPS) dan Extruded Polystyrene (XPS).

Visual mikroskopis Geofoam

Perbedaan visual pada EPS dan XPS. EPS yang terbuat dari material bijih plastik yang diperluas, sehingga saling menempel satu sama lain. Dari keadaan tersebut menyebabkan adanya rongga yang tidak tertutup oleh bijih plastik. Sedangkan pada XPS terbuat dari material bijih plastik yang ditekan dan dilelehkan pada lubang cetakan. Dari keadaan tersebut terbuat struktur uniform dan rapat (tidak adanya rongga).

geofoam eps dan xps
EPS (kiri) & XPS (kanan)

Harga Geofoam EPS dan XPS

Pada EPS memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan XPS. Harga EPS memiliki rentang 10% hingga 30% dari harga XPS. Tentunya harga ini berbanding lurus dengan kekuatan pada XPS terhadap EPS. Untuk harga terupdate dan ukuran geofoam yang dibutuhkan silahkan klik link dibawah.

Baca Juga: Geotextile Non Woven

Kekuatan Tekan

Pada XPS memiliki kekuatan tekan yang relatif lebih besar dibandingkan EPS. Kuat tekan pada XPS memiliki rentang 10% hingga 30% dari kuat tekan EPS. Tentunya perbedaan densitas pada EPS mempengaruhi pada kuat tekan yang ada.

Aplikasi dengan Tanah

EPS maupun XPS memiliki kemampuan yang baik ketika adanya kontak dengan tanah dan digunakan sebagai pondasi pada sebuah konstruksi.

Ketahanan

EPS tidak memiliki ketahanan terhadap kelembapan. Dimana EPS memiliki rongga dan memungkinkan terjadinya penyerapan (absorbs) cairan. Hal ini dapat mengurangi kemampuan termal yang ada, XPS memiliki ketahanan terhadap kelembapan. Dimana XPS tidak memiliki rongga, sehingga dapat dikatakan bahwa XPS merupakan material semi – impermeabel. EPS memiliki ketahanan terhadap serangga jika dibandingkan dengan XPS.

Life Span

EPS memiliki lifespan dengan nilai ≥ 100 tahun. XPS memiliki lifespan dengan nilai ≥ 50 tahun. Tentunya lifespan ini akan menyesuaikan dengan kondisi area dan penggunaan.

PT. Petra Nusa Elshada menyediakan geofoam terbuat dari material EPS. Geofoam yang tersedia memiliki densitas 12 kg/m3 hingga 46 kg/m3. Produk geofoam yang tersedia telah sesuai dengan standar ASTM.

Harga Geofoam

Harga geofoam dapat ditentukan dengan ukurannya maka untuk menentukan penggunaan geofoam yang tepat sesuai dengan project anda kami akan memberikan harga geofoam terbaru silahkan menghubungi kami pada link berikut:

Hubungi kami