• 2024-03-07
  • PNE Team

Drainage Cell: Pengertian dan Fungsinya

Sistem drainase cukup penting dalam membangun sebuah bangunan, drainage cell biasanya digunakan untuk kebutuhan drainase suatu bangunan. Material ini cukup mudah dalam pemasangannya dan ekonomis jika dibandingkan dengan pemasangan metode lain. Drainage cell memang berbeda dengan geocell. berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Drainage Cell

Drainage cell adalah salah satu material geosintetik yang berbentuk blok-blok panel yang memiliki bobot ringan serta mudah disusun secara interlocking. Cara memasangnya cukup mudah bisa dengan menyusun secara vertikal maupun horizontal. Bahan dasar material ini terbuat dari plastik polypropylene recycled (PP) dan mempunyai kekuatan tekan yang cukup tinggi.

drainage cell
Drainage cell

Material ini bisa digunakan untuk mengalirkan air agar tidak menggenang atau bisa juga sebagai media penyimpanan air di bawah tanah. Drainage cell memiliki sifat elastis tetapi kuat, mempunyai pori-pori besar untuk dapat mengalirkan air dari atas ke bawah.

Proyek sistem drainase paling efektif membuat material ini dipakai pada bangunan teknik sipil, lapangan olahraga, basement, terowongan, juga roof garden. Karena memiliki kekuatan yang tinggi meskipun ringan, panel-panel ini sanggup menahan beban pada tanah dan yang ada di atasnya.

Manfaat Drainage Cell

Pada praktiknya, drainase diperlukan untuk mencegah timbulnya tekanan hidrostatis di atas bangunan atau pekerjaan teknik sipil yang menyebabkan masalah kelebihan beban struktural, kelembapan, dan kebocoran.

Jika Anda tahu geocell biasanya digunakan sebagai material pencegah erosi, drainage cell sendiri banyak digunakan untuk lanskap atau roof garden (taman atap) untuk menjaga kelembapan tanah. Pada roof garden, material ini berfungsi sebagai jalur aliran air agar dapat mengalir dengan cepat sehingga akar tanaman tidak akan membusuk karena air yang menggenang.

manfaat drainage cell
Manfaat drainage cell

Sistem drainage dapat dianggap baik apabila dapat mengalirkan kelebihan air secara optimal dan juga bisa mempertahankan tingkat kelembapan serta menguntungkan bagi tanah. Jika kita memiliki roof garden atau tanaman dalam planter box, material ini cukup membantu dalam pertumbuhan tanaman. Berikut beberapa keunggulan drainage cell:

  1. Memiliki bobot yang ringan serta memud untuk dipindah dalam pemasangan.
  2. Dibuat khusus untuk penggunaan sistem drainase yang baik.
  3. Terhindar dari genangan air karena memilki design aliran lateral yang sangat tinggi.
  4. Tahan jika terkontaminasi dengan bahan lain.
  5. Memiliki penampung air pada bagaian bawahnya.

Distributor Drainage Cell

Petra Nusa ELshada sebagai distributor terlengkap produk geosintetik dan konstruksi menyediakan drainage cell dengan kualitas terbaik dan dapat dipercaya. Umumnya drainase dibutuhkan agar dapat mencegah timbulnya tekanan hidrostatis terhadap suatu bangunan, drainage cell juga cocok untuk pekerjaan teknik sipil yang menimbulkan masalah kelebihan beban struktural, kelembapan, dan kebocoran. berikut beberapa manfaat :

  • Dapat melindungi lapisan anti air
  • Tahan terhadap segala macam cuaca
  • Tahan oleh bahan kimia
  • Aman dari risiko pencemaran tanah
  • Mudah dipasang dan digunakan
distributor drainage cell
Distributor drainage cell

Drainage cell selain untuk mengalirkan air agar tidak menggenang, juga bisa digunakan untuk menyimpan air di bawah tanah, fungsinya untuk kelembapan tanah tetap terjaga. dalam membuat roof garden atau taman di halaman rumah pastinya akan membutuhkan sistem drainase yang baik. Segera hubungi kami dan pilih drainage cell sesuai kebutuhan.

Hubungi kami