• 2024-06-21
  • PNE Team

Faktor Penting Memilih HDPE Geomembrane

Ketika membahas spesifikasi HDPE Geomembrane, beberapa faktor perlu dipertimbangkan untuk memastikan kesesuaian dan daya tahan material untuk suatu proyek tertentu. Berikut beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan :

Ketebalan : ketebalan geomembrane bervariasi dari rentang 0,3 – 3,0 mm. Tebal geomembrane yang dibutuhkan bergantung pada pengaplikasian dan tingkat proteksi yang diperlukan untuk menahan rembesan atau paparan bahan kimia. Semakin tebal geomembrane, maka durabilitas geomembrane semakin tinggi.

hdpe geomembrane
Hdpe Geomembrane

Lebar : lebar geomembrane bervariasi antara 4 – 8 m. Kebutuhan lebar geomembrane bergantung pada luas area proyek dan metode instalasi yang digunakan. Semakin lebar geomembrane, maka jumlah sambungan yang diperlukan selama proses instalasi semakin berkurang sehingga mengurangi potensi kebocoran.

Panjang : panjang tiap gulungan geomembrane pada umumnya bervariasi dari 50 – 200 meter atau lebih. Panjang gulungan bergantung pada skala proyek dan dapat dibuat menyesuaikan kebutuhan. Gulungan yang lebih panjang dapat mengurangi jumlah sambungan dan meningkatkan efisiensi proses instalasi.

geomembrane per roll
Geomembrane per roll

Kuat tarik : HDPE Geomembrane harus memiliki kuat tarik yang memadai. Kuat tarik diukur dari dua arah, yaitu searah dengan mesin (MD) dan tegak lurus arah mesin (CD). Kuat tarik yang diperlukan bergantung pada spesifikasi proyek dan kondisi lapangan.

Kuat sobek : kuat sobek diperlukan untuk memastikan material mampu menahan gaya sobek selama proses instalasi ataupun yang disebabkan oleh faktor eksternal lain. Kuat sobek diukur dari dua arah, yaitu searah dengan mesin (MD) dan tegak lurus arah mesin (CD). Kuat sobek yang diperlukan bergantung pada spesifikasi proyek dan kondisi lapangan.

Kuat tusuk : HDPE Geomembrane harus memiliki kuat tusuk yang tinggi untuk menahan kerusakan dari benda tajam ataupun permukaan yang kasar. Kuat tusuk diuji menggunakan metode pengujian yang telah distandardisasi dan kuat tusuk yang diperlukan bergantung pada spesifikasi proyek.

geomembran kolam
Geomembran kolam

Ketahanan kimia : bergantung pada pengaplikasiannya, HDPE Geomembrane dapat terpapar berbagai jenis bahan kimia. Lapis kedap ini harus tahan terhadap bahan kimia untuk menjamin performa dan proteksi. Ketahanan terhadap bahan kimia yang dibutuhkan bergantung pada jenis dan konsentrasi bahan kimia yang terkandung dalam material yang akan mengalami kontak langsung dengan geomembrane.

    Properti dari HDPE Geomembrane ini bergantung pada spesifikasi proyek serta standar industri yang digunakan.

    Hubungi kami