• 2023-04-20
  • PNE Team

Geotextile Sebagai Vertikal Garden

Geotextile

Geotextile merupakan produk geosintetik yang terbuat dari bahan polimer berupa polyester (PET) maupun polypropylene (PP). Seperti yang kita ketahui bahwa geotextile terdapat 2 jenis, yaitu: geotextile woven dan geotextile non – woven. Keduanya memiliki perbedaan dari proses pembuatan. Tentunya juga dengan adanya perbedaan proses pembuatan membuat adanya perbedaan fungsi ketika digunakan.

geotextile woven dan non woven
Geotextile Woven (kiri) & Geotextile Non – woven (kanan)

Vertical Garden Geotextile

Umumnya ketika mendengar kata geotextile, sering dihubungkan dengan dunia konstruksi. Namun, geotextile tidak hanya digunakan pada dunia atau area konstruksi. Geotextile juga dapat digunakan sebagai material estetik yang digunakan sebagai sebuah dekorasi. Salah satu contohnya adalah penggunaan geotextile non – woven untuk vertical garden.

Baca Juga: Geotextile woven untuk perkuatan jalan

vertikal garden konvensional
Vertical garden konvensional

Vertikal Garden Adalah?

Apa itu sistem vertical garden? Vertical garden adalah sebuah inovasi media tanam untuk memberikan efek keindahan dan natural pada area – area tertentu. Umumnya vertical garden diletakkan secara vertical dalam bidang tegak lurus. Vertical garden memanfaatkan area seperti dinding untuk dapat digunakan sebagai media tanam. Hal ini juga mengurangi kebutuhan area tanam, karena tidak membutuhkan pot untuk melakukan penanaman.

Geotextile non woven grey
Geotextile Non – woven gray (digunakan untuk vertical garden)

Konvensional dan Geotextile

Lalu apa perbedaan vertical garden pada umumnya (konvensional) dengan vertical garden yang menggunakan geotextile? Pada vertical garden konvensional diperlukannya sebuah kerangka besi sebagai penompang utama. Lalu perlunya pot tanaman sebagai media tanam vertical garden. Pot lalu perlu ditancapkan pada kerangka besi, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada jangka panjang.

Baca Juga: Drainage cell untuk taman rooftop

vertikal garden geotextile
Vertical garden dengan geotextile

Pada vertical garden menggunakan geotextile tidak perlunya kerangka besi maupun pot. Geotextile dapat ditancapkan pada area dinding. Media tanam berupa kantong – kantong yang ada pada geotextile telah disiapkan. Kantong yang ada dibuat dengan sistem jahit sehingga jauh lebih kuat. Material geotextile non – woven yang digunakan juga sudah memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Ketahanan terhadap sinar UV dan pelapukan (weathering)
  2. Memiliki standar GRI maupun ASTM untuk dapat menjamin kekuatan pada geotextile.
  3. Tak lupa karena berupa geotextile non – woven memiliki kemampuan untuk menyerap dan meloloskan air, sehingga mudah dalam sistem pengairan pada vertical garden.

PT. Petra Nusa Elshada menyediakan geotextile non – woven yang digunakan pada vertical garden dan juga menyediakan vertical garden yang telah siap pakai. Geotextile yang tersedia dan digunakan pada vertical garden memiliki nilai gramasi 300 GSM.

Untuk menentukan penggunaan dan jumlah lubang pada vertical garden geotextile yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda, silahkan menghubungi kami pada link berikut:

Hubungi kami