Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-09-26
  • Admin

Definisi Produk Geogrid

Geogrid adalah material untuk konstruksi yang dapat digunakan sebagai perkuatan atau tulangan. Sifatnya agak berbeda dari material geotekstil walaupun keduanya sama-sama berguna sebagai perkuatan. 

geogrid adalah

Sepertinya kita sering melihat geotekstil yang digunakan di suatu konstruksi, begitu juga dengan geogrid ini sebenarnya juga umum sekali fungsinya. Geogrid dibuat dengan proses ekstrusi lembaran, jahitan, pemanasan serta peregangan. 

Geogrid juga memiliki kekuatan tarik tinggi dan dapat melebihi standar internasional sebagai bahan perkuatan. fungsi lainnya adalah dapat meningkatkan kinerja subbase dan subgrade yang berfungsi untuk perkuatan material timbunan. Bahan ini semakin populer karena penggunaanya banyak berhubungan dengan proyek tanah yang kompleks secara geoteknik.

konstruksi geogrid

Produk ini termasuk salah satu jenis geosintetik dengan bukaan yang memungkinkan  interlocking antara tumpukan agregat yang akan membentuk lapisan penguat konstruksi tanggul dengan beban berat yang biasa digunakan untuk jalan, rel kereta api, dinding penahan tanah, dll.