• 2023-12-29
  • PNE Team

Harga Geobag Woven dan Non Woven Terbaru 2023

Abrasi pantai atau erosi sungai merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang membutuhkan penanganan secara tepat. Pasalnya pengikisan yang terjadi bisa menimbulkan dampak yang cukup merugikan. Hal itu bisa diantisipasi dengan menggunakan geobag. Namun berapa harga geobag saat ini?

abrasi pantai
Abrasi pantai

Geobag sendiri dianggap sebagai solusi praktis dan ekonomis untuk mengatasi masalah erosi tanah maupun abrasi pantai. Pasalnya dengan memanfaatkan produk geobag berkualitas, arus sungai dan hantaman gelombang bisa terhalang secara efektif.

Penggunaan Geobag Woven dan Non Woven untuk Mencegah Abrasi dan Erosi

Mengingat fungsi geobag yang sangat berguna untuk menjaga kelestarian lingkungan, tidak heran jika semakin banyak yang menggunakan karung geobag untuk berbagai kebutuhan. Geobag sendiri sering dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

Baca Juga: Apa Itu Geobag?

Selain itu, dengan harga karung geobag yang cukup terjangkau fungsi dan kegunaan geobag rupanya bukan hanya mencegah terjadinya abrasi pantai dan erosi tanah di tepi sungai saja. Produk ini juga bisa digunakan sebagai tanggul untuk menahan material urugan serta konstruksi lahan basah.

geobag (geotextile non woven)
Geobag (geotextile non woven)

Bagi Anda yang belum tahu, geobag merupakan produk geotekstil berbentuk karung atau bantalan yang kedua sisinya dijahit dan pada salah satu sisinya akan dibiarkan terbuka untuk proses pengisian material di dalamnya. Biasanya material yang digunakan berupa pasir, batu kerikil hingga tanah.

Meski begitu banyak yang menggunakan material pasir karena dianggap lebih efektif untuk menghambat air. Setelah terisi dengan material, geobag dijahit sampai rapat. Sebagai informasi, bahan yang digunakan dalam geobag ini adalah woven dan non woven. Lantas apa yang membedakan kedua bahan tersebut?

Geobag Woven

Geobag woven merupakan jenis geobag yang terbuat dari bahan woven. Yaitu salah satu jenis geotekstil dengan serat polyester yang sudah dianyam. Biasanya memiliki tampilan yang berwarna hitam dan bentuknya menyerupai karung beras plastik.

geobag (geotextile woven)
Geobag (geotextile woven)

Geobag Non Woven

Geobag non woven adalah produk karung geotekstil yang terbuat dari bahan non woven. Yaitu jenis geotekstil dengan serat polyester yang tidak dianyam. Jika geobag woven berwarna hitam, maka geobag non woven biasanya diproduksi dalam warna putih.

Baca juga: Proyek Geobag, Proteksi Slope Pada Kolam Penampung Air

Karung geobag yang sudah diisi dengan material pasir, tanah atau kerikil akan ditempatkan di pesisir pantai ataupun tepi sungai untuk mencegah terjadinya abrasi dan erosi. Geobag tersebut sering dijadikan solusi untuk pembuatan tanggul sementara di daerah rawan banjir karena cukup efektif untuk mencegah banjir.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Geobag

Sebelumnya sudah sedikit dijelaskan mengenai karakteristik geobag woven dan non woven. Mungkin Anda juga bertanya-tanya mengenai harganya. Tentunya ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi harga produk geobag. Diantaranya adalah seperti berikut:

Ukuran Geobag

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga produk geobag adalah ukurannya. Sebagai informasi, ukuran geobag biasanya cukup bervariasi. Yaitu mulai dari 0,75 m3 sampai ukuran dengan isian 2,5 m3. Tentunya semakin besar kapasitas geobag akan berpengaruh pada harga yang lebih tinggi.

Wilayah Penjualan

Selain ukuran, wilayah penjualan juga akan mempengaruhi harga geobag non woven maupun geobag woven. Untuk wilayah penjualan di wilayah yang terpencil tentu akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan penjualan di kota besar.

Jenis Geobag

Faktor lainnya yang mempengaruhi harga produk geobag adalah jenis bahan geotekstil yang digunakan. Dalam hal ini berupa bahan woven dan non woven. Perlu diketahui bahwa harga geobag yang terbuat dari jenis woven biasanya jauh lebih mahal dibandingkan yang berbahan geotekstil non woven.

Pada dasarnya harga geobag bisa sangat bervariasi tergantung dari ukuran serta jenis bahan yang digunakan. Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk geobag berkualitas dengan harga yang kompetitif, bisa langsung mengunjungi https://petrane.co.id untuk melakukan pemesanan.

Hubungi kami