• 2024-01-02
  • PNE Team

Keunggulan Geotube Dewatering dan Prosesnya

Dalam pengerjaan proyek konstruksi maupun pengelolaan limbah diperlukan metode khusus yang dikenal dengan istilah geotube dewatering. Proses tersebut secara efektif akan membantu mengeringkan lumpur atau luapan lumpur yang berasal dari instalasi pengolahan limbah.

geotube dewatering
Geotube dewatering

Geotube sendiri merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk mencegah terjadinya abrasi pantai yang parah. Sebagai gambaran, geotube berbentuk tabung kain dan terbuat dari bahan geotextile woven maupun non woven. Untuk mengenal lebih jauh tentang sistem dewatering, silakan simak ulasan berikut.

Mengenal Geotube Dewatering System

Mungkin masih ada diantara Anda yang belum begitu familiar dengan istilah dewatering yang dilakukan dengan menggunakan teknologi geotube. Dalam proses dewatering tersebut dibutuhkan tabung kain berbentuk silinder yang terbuat dari geotekstil yang kuat.

Fungsi geotube adalah sebagai wadah atau tempat untuk menampung campuran lumpur dan air yang ada di area proyek konstruksi. Karena terbuat dari bahan geotekstil, air yang ada di dalamnya bisa mengalir melalui pori-pori kain sementara material padatnya akan tetap terperangkap di dalam dan memadat.

geotube dewatering system
Geotube dewatering system

Sistem dewatering ini dianggap sangat efektif untuk menghilangkan kandungan air di dalam tanah atau pasir sehingga mampu mencegah terjadinya erosi atau abrasi pantai.

Keunggulan Geotube Dewatering Filter

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, geotube banyak diaplikasikan untuk proyek konstruksi yang berkaitan dengan upaya pencegahan abrasi pantai serta pengelolaan air di area konstruksi dengan kadar air tanah yang tinggi. Lantas apa saja keunggulan dari teknologi ini?

Cepat dan Efisien

Salah satu keunggulan metode dewatering dengan geotube adalah prosesnya yang cepat dan efisien. Melalui metode tersebut, kandungan air akan lebih mudah untuk dihilangkan sehingga akan mempercepat dalam mencapai kondisi yang diinginkan.

Menghemat Biaya

Metode dewatering menggunakan cara konvensional seperti pengurasan air atau semacamnya akan membutuhkan biaya yang relatif besar. Namun dengan menggunakan teknologi geotube proses watering akan lebih menghemat biaya. Karena peralatan yang dibutuhkan relatif lebih sedikit.

Kapasitas yang Besar

Penggunaan geotube untuk proses dewatering akan sangat efektif karena memiliki kapasitas yang besar sehingga kemampuan untuk menampung material dan air di dalamnya juga cukup besar. Tentunya metode ini akan sangat cocok diterapkan untuk kebutuhan dewatering dalam skala besar.

Lingkungan

Anda tidak perlu khawatir dengan dampak penggunaan geotube untuk proses watering dalam berbagai keperluan. Karena geotube terbuat dari bahan geotekstil yang aman dan ramah lingkungan sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran di lingkungan.

Sebaliknya, penggunaan geotube untuk proses watering akan sangat efektif dalam membantu mencegah dan mengendalikan abrasi pantai, pencemaran permukaan tanah dan air tanah serta pengelolaan limbah dalam skala besar.

Proses dalam Geotube Dewatering Technology

Penerapan teknologi dewatering menggunakan geotube biasanya melalui beberapa tahapan atau proses. Berikut ini adalah proses yang dilakukan:

Tahap Persiapan

Tahap persiapan dilakukan dengan menempatkan posisi geotube secara tepat dan strategis sesuai kebutuhan dewatering di lokasi tersebut. Area yang dipilih harus jauh dari benda tajam yang bisa berisiko menimbulkan kerusakan.

Instalasi

Pemasangan geotube dilakukan secara tepat dan berkesinambungan antara satu dengan yang lain. Agar sambungan kuat dan tidak mudah rusak, diperlukan sistem penjepit yang kuat dan tepat.

Pengisian Agregat

Tahap selanjutnya adalah pengisian agregat berupa lumpur dan ai yuang dipompa sehingga mengalir ke dalam geotube sesuai kapasitas yang tersedia.

Air secara otomatis akan tersaring dan keluar melalui pori-pori geotekstil sehingga hanya menyisakan padatan di dalamnya.

Proses Dewatering

Air secara otomatis akan tersaring dan keluar melalui pori-pori geotekstil sehingga hanya menyisakan padatan di dalamnya.

Pengawasan dan Pemeliharaan

Tahap terakhir adalah pengawasan dan pemeliharaan yang dilakukan secara rutin untuk memastikan fungsi dan kondisi geotube tetap optimal.

Geotube dewatering diperlukan untuk menyaring air dari lumpur yang ada di dalam geotube secara efektif dan efisien. Untuk mendapatkan produk geotube yang berkualitas dengan harga terjangkau, Anda bisa menghubungi https://petrane.co.id/.

Hubungi kami