Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-08-29
  • Petra Nusa Elshada

Geotube Untuk Apa?

Geolombang dan Arus yang besar menjadi salah satu penyebab erosi atau abrasi sisi sungai. Rusaknya konstruksi di sisi sungai akibat dari arus tadi. Arus Gelombang besar yang biasa ditemui salah satunya adalah arus pasang Bono. Di Sungai Kampar ada terdapat muara sungai berbentuk seperti huruf ā€Vā€, pada saat massa air masuk melewati mulut teluk yang lebar lalu tertahan sehingga air laut pasang memenuhi kawasan muara.

geotube arus ombak

Air yang sudah terkumpul itu kemudian terdorong ke arah hulu yang dapat berakibat efek tekanan yang kuat ketika melewati areal yang menyempit dan dangkal secara konstan di mulut teluk. Hal ini pastinya akan menimbulkan gelombang yang bervariasi pada hulu teluk. Gelombang yang terbentuk tersebut bisa mencapai hingga empat meter.

erosi geotube

Ada beberapa jenis konstruksi proteksi erosi diantaranya adalah tumpukan batu, tetrapod, bronjong dan sheet pile. Dari jenis konstruksi proteksi erosi tersebut memiliki beberapa kekurangan, mulai dari kesulitan pelaksanaan konstruksi di lapangan, pengadaan material dan terutama dari segi biaya, dan lamanya waktu konstruksi.

Geotube adalah salahsatu Konstruksi proteksi erosi yang sesuai diaplikasikan pada kondisi ini, Geotube sebagai alternatif konstruksi proteksi erosi dan diperkenalkan penggunaan sistem ini untuk keperluan di dalam negeri. Geotube adalah suatu konstruksi yang berbentuk selubung pipa besar diisi menggunakan material pasir di dalamnya, terbuat dari material geotekstil kuat tarik tinggi (high strength geotextile) dengan spesifikasi tertentu.

Geotube ini telah digunakan secara luas sebagai konstruksi pemecah gelombang, tanggul, revetment, groin, dan jetty. Fungsi geosintetik sebagai bahan material pembungkus Geotube yang dapat menahan tanah atau campuran yang berada di dalam, dan pada saat yang bersamaan harus dapat mengalirkan air keluar tanpa membawa butiran tanah dari dalam. Material pengisi dialirkan ke dalam Geotube dengan bantuan pompa maupun dengan memanfaatkan gravitasi melalui inlet yang terdapat pada Geotube