• 2022-03-01
  • Petra Nusa Elshada

Manfaat Geomembrane Untuk Konstruksi Jalan

Geomembrane adalah salah satu jenis material geosintetik berupa lembaran tips ya terbuat dari bahan polietilena bermutu tinggi dengan campuran karbon hitam, antioksidan, anti-aging dan anti-UV. Bahkan, materialnya tahan terhadap berbagai cairan kimia, limbah, dan mikroorganisme serta tingkat permeabilitas rendah dan ketahanan UV yang sangat baik . Karakteristik dari geomembrane HDPE juga sangat kuat dan tidak mudah rusak.

Geomembrane umumnya berfungsi sebagai lapis kedap untuk memisahkan material padat maupun cairan yang berupa limbah ataupun bukan limbah, dengan sifatnya yang kedap membuat tanah dasar dibawahnya tetap terjaga dan tidak tercemari. Namun bukan itu saja , geomembrane juga sering dipakai untuk kontruksi jalan yang memiliki lapisan tanah dasarnya berair (memiliki mata air) atau sulit kering.

Baca Juga

Produk dan Spesifikasi Geomembrane

Fungsi geomembrane untuk lapis kontruksi jalan ialah sebagai separator dan stabilisasi juga sebagai lapis kedap, sehingga timbunan tanah bagus / timbunan perkerasan diatasnya menjadi terjaga dan tidak terganggu dari air maupun tanah lunak yang mendesak naik ke atas.