• 2022-06-06
  • Petra Nusa Elshada

Apa itu Concrete Mat Cloth / Carpet Beton?

Concrete Mat Cloth merupakan material geosintetik yang revolusioner. Produk material yang terbarukan kini hadir sebagai solusi baru. Concrete Mat Cloth sifatnya flexible, mudah dibentuk, dan setelah disiram air CMC akan mengeras sempurna membentuk lapisan tipis yang kedap air , tahan api serta tahan lama dengan kekuatan 5000 psi pada concrete survace.

CMC bisa diibaratkan sebagai lapisan beton dalam gulungan , relative sangat mudah untuk didistribusikan langsung ke site dalam bentuk siap digunakan. Sehingga pelaksanaan konstruksi pembetonan pada lokasi sulit dijangkau tidak membutuhkan lagi batching plan atau peralatan pembuatan adukan cor secara konvensional. Cukup digelar/dibentang, dibentuk, disiram , lalu setelah kering akan membentuk lapisan keras.

Baca Juga

Concrete canvas (Karpet Beton)

Konstruksi material pada CMC, terdiri dari layer needle punch yang diproses dengan khusus, kemudian dilaminasi dengan PE Water proof film. Yang membuat material ini special, diantara layer terdapat jarring fiber 3 dimensi yang membentuk matriks saling mengikat dan bertindak sebagai pencegah keretakan. Pada lapisan bagian tengah inilah terdapat material beton yang disebut Reactive Powder Concrete Mix. Dalam beberapa situasi lapangan, lapisan ini bisa dipertimbankan sebagai solusi pada perkuatan struktur.

ukuran ketebalan karpet beton