• 2024-01-29
  • PNE Team

Apa itu Geonet, Fungsi dan Keunggulannya

Kemajuan teknologi telah mendorong terciptanya berbagai inovasi, termasuk dalam bidang konstruksi. Seperti yang diketahui, kebutuhan konstruksi saat ini semakin meningkat sehingga membutuhkan dukungan teknologi yang tepat. Salah satunya bisa ditemukan pada material geosintetik berjenis geonet.

geonet
Geonet

Mungkin Anda masih belum begitu familiar dengan istilah tersebut. Sebagai informasi, produk geosintetik yang menggunakan bahan HDPE ini biasanya digunakan dalam sistem drainase yang ada di bawah timbunan. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Geonet adalah

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa produk ini merupakan salah satu material geosintetik yang sering digunakan dalam sistem drainase, istilah lainnya adalah drainage geocomposite. Terbuat dari bahan HDPE dengan bentuk menyerupai dua lembar karpet yang disatukan dan berbentuk jaring di tengahnya.

hdpe geonet
Hdpe Geonet

Produk ini memiliki beberapa variasi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan konstruksi. Mulai dari tipe 2 layer yang dikenal dengan istilah bi-planar dan tipe 3 layer yang dikenal dengan istilah tri-planar. Produk juga bisa dikombinasikan dengan satu atau dua lapis geotekstil non woven yang berfungsi sebagai filter.

Baca Juga: Geonet: Fungsi dan Harga Jual

Perlu diketahui bahwa produk geonet drainage composite sering dikombinasikan dengan material geosintetik yang lain semacam geotekstil dan geomembran. Biasanya material akan diletakkan atau dipasang di bawah permukaan material yang lain atau di atasnya sesuai fungsi yang diinginkan.

Fungsi dan Aplikasi Geonet HDPE

Produk geosintetik yang satu ini sering dijadikan solusi untuk kebutuhan konstruksi yang berhubungan dengan sistem drainase. Biasanya produk berfungsi sebagai pengganti material drainase konvensional seperti pasir dan gravel. Salah satu alasan penggunaan produk adalah karena lebih mudah dan praktis.

geonet installation
Geonet installation

Geonet drainase memiliki daya penahan beban yang cukup besar, karena mampu menahan beban hingga 500 kPa dan bahkan masih bisa berfungsi dengan baik. Adapun fungsi dan aplikasi produk bisa untuk beberapa kebutuhan konstruksi.

Baca Juga: Cegah Erosi Lereng Dengan Geocell

Diantaranya adalah lapisan drainase pada landfill, capping landfill, roof garden, lapangan bola dan lapangan golf, drainase pada belakang dinding penahan tanah, pada lereng bebatuan dan tanah, pada belakang geomembran di bendungan atau saluran, drainase di TPA, dibawah pondasi dan jalan raya.

Selain berfungsi secara efektif pada sistem drainase, produk geosintetik ini juga memiliki beberapa fungsi yang lain seperti berikut:

●        Stabilisasi Tanah

Untuk kebutuhan stabilisasi tanah, produk berfungsi sebagai pengontrol air tanah atau air permukaan pada konstruksi tertentu seperti lereng atau dinding penahan. Lapisan ini secara efektif akan membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas dari keseluruhan struktur.

●        Penurunan Tekanan Hidrostatik

Tekanan hidrostatik bisa menimbulkan masalah serius pada proyek konstruksi dengan kondisi tanah tidak stabil. Dengan memanfaatkan produk ini maka tekanan hidrostatik bisa diturunkan dengan cara mengalirkan air ke saluran drainase.

Keunggulan Geonet dalam Konstruksi

Bukan tanpa alasan mengapa banyak proyek konstruksi khususnya yang berhubungan dengan sistem drainase memilih produk geonet geosintetik. Hal ini tidak terlepas dari beberapa keunggulan yang ada pada produk tersebut, diantaranya adalah:

  • Proses instalasi yang lebih mudah dan cepat dibandingkan cara konvensional menggunakan gravel dan pasir.
  • Memiliki ketahanan yang baik sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang.
  • Memiliki ketahanan terhadap senyawa kimia maupun limbah B3.
  • Memiliki karakteristik yang kuat dan awet sehingga tidak mudah mengalami korosi.
  • Kemampuan bertahan yang kuat meskipun berada di bawah beban timbunan yang relatif tinggi.
  • Mampu meningkatkan kapasitas timbunan.
  • Efektif sebagai pengganti gravel dan pasir karena lebih praktis dan ekonomis.

Berbagai jenis geonet bisa dimanfaatkan untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan konstruksi. Bukan hanya untuk sistem drainase saja tetapi juga efektif untuk pekerjaan teknik sipil lainnya seperti stabilisasi tanah. Untuk mendapatkan informasi lengkap dan pemesanan produk, silakan klik https://petrane.co.id/.

Hubungi kami