Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2024-01-23
  • PNE Team

Geonet: Fungsi dan Harga Jual

Geonet adalah salah satu produk geosintetik yang digunakan sebagai lapisan drainase. Material ini terbuat dari bahan HDPE yang memiliki bentuk jaring (mesh) fungsinya sebagai drainase dibawah timbunan. Produk ini juga dapat menahan beban hingga 500 kpa dan masih dapat berfungsi dengan baik.

geonet
Geonet

Geonet dapat menjadi produk pengganti konsvensional seperti gravel dan pasir, karena keunggulan utamanya yang mudah digunakan, cepat pemasangannya dan ekonomis dalam hal biaya. Geonet memiliki bentuk yang terdiri dari rusuk-rusuk polymeric kontinyu dan berpotongan dengan sudut-sudut tajam.

Cara kerja geogrid ketika rusuk-rusuk tersebut dibuka, maka terbentuklah lubang-lubang bukaan yang cukup lebar dengan tersetting seperti jala. Produk ini mempunyai fungsi utama yaitu sebagai system drainase atau pengantar benda cair.

Fungsi Geonet

Geonet memiliki fungsi utama adalah untuk mengalirkan cairan, dengan begitu maka kemampuan kapasitas meloloskan air searah pada bidang atau transmitivitas adalah hal yang harus diperhatikan. Faktor keawetan atau kualitas material juga merupakan hal penting.

Jika dilihat sekilas bentuk geonet memang mirip dengan geogrid, kedua produk ini sama-sama kategori geosintetik yang banyak gunakan pada proyek konstruksi. Keduanya memiliki perbedaan berdasarkan fungsinya. Geonet berfungsi untuk penghantar drainase pada konstruksi sebagai bahan pengantar drainase searah bidang, sedangkan Geogrid digunakan untuk perkuatan tanah.

Pemasangan geonet
Pemasangan Geonet

Geonet juga mempunyai cukup kuat tarik akan tetapi kecil dibandingkan dengan geogrid, maka dari itu fungsinya lebih ditujukan pada aplikasi drainase. Geonet memiliki beberapa type seperti GSE Geonet produk ini diproduksi untuk membentuk struktur drainase tiga dimensi agar dapat digunakan sebagai pengganti pasir pada sistem drainase gravel.

Selain type diatas tadi ada juga type GSE Geocomposite ini termasuk jenis Geotextile yang mana akan dibutuhkan jika struktur drainase bersinggungan langsung dengan permukaan tanah. Produk ini sangat baik untuk melapisi geotextile dari panas baik untuk bagian sisi satu atau kedua sisinya. Geotextile dapat juga dilapisi Geonet pada saat dibutuhkan agar dapat meingkatkan karakteristik gesekan dengan bahan geosynthetics lainnya.

Harga Jual Geonet

Geonet memiliki harga yang bervariatif, Kami PT. Petra Nusa Elshada adalah supplier Geonet Indonesia dengan harga dan kualitas terbaik langsung dari pabrik. Kami menyediakan berbagai macam type dan ukuran geonet terlengkap. segera hubungi kami untuk info terbaru harga geonet 

Hubungi kami