• 2023-04-06
  • PNE Team

Aksesoris Pemasangan Geomembrane HDPE

Geomembrane HDPE

Dalam sebuah design proyek, terkadang dapat ditemukan bahwa terdapat area – area kompleks yang tidak bisa diselesaikan menggunakan metode konvensional. Salah satunya adalah ketika adanya proyek penampungan menggunakan geomembrane HDPE. Ketika area cukup kompleks dan tidak bisanya dibuat area angkur, salah satu solusi yang bisa digunakan adalah menggunakan aksesoris tambahan, yaitu penggunaan polylock.

polylock
Polylock

Polylock

Polylock merupakan sebuah produk yang terbuat dari material polimer high density polyethylene (HDPE). Polylock merupakan sebuah produk pelengkap atau dapat dikatakan sebagai aksesoris dalam pemasangan geomembrane HDPE. Pada penggunaanya polylock dilekatkan dengan dinding beton. Sehingga akan tertancap dengan dinding ketika beton telah kering dan mengeras.

Kondisi Polylock mengeras dengan beton

Pemasangan Geomembrane

Polylock yang merupakan material HDPE akan menyatu dengan baik dengan material HDPE lainnya. Sehingga dalam penggunaannya pada geomembrane wajib menggunakan geomembrane dengan material HDPE dan proses penyatuan harus menggunakan mesin extrusion welding geomembrane yang menggunakan pakan las (welding rod) dengan material HDPE.

pemasangan geomembrane
Pemasangan geomembrane dengan polylock menggunakan extrusion welding

Welding rod

Telah disebutkan bahwa dalam penggunaan polylock pada geomembrane perlu disambungkan dengan pakan las (welding rod) HDPE. Welding rod merupakan sebuah produk yang terbuat dari berbagai jenis material, seperti: Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS), High Density Polyethylene (HDPE), Low Density Polyethylene (LDPE), Polypropylene (PP), dan Polyvinyl Chloride (PVC). Material yang cukup beragam untuk sebuah produk welding rod, lalu bagaimana menentukan penggunaan material welding rod?

welding rod
Welding rod plastik

Penggunaan welding rod pada umumnya menyesuaikan jenis material plastik yang digunakan. Jika menggunakan geomembrane dengan material PVC, maka untuk dapat menyambungkan antar geomembrane harus menggunakan welding rod dengan material PVC juga. Pada kondisi polylock dengan material HDPE, wajib menggunakan geomembrane dengan material HDPE dan pengelasan menggunakan welding rod dengan material yang sama yaitu HDPE. Hal ini untuk mencegah terjadi resiko percampuran material plastik dalam kondisi panas, kondisi tidak melekat dengan sempurna, dan terjadinya kerusakan karena titik leleh yang berbeda.

PT. Petra Nusa Elshada menyediakan polylock dan welding rod terbuat dari material HDPE. Polylock yang tersedia memiliki lebar 10 cm dan 15 cm dengan panjang 3 meter. Pada welding rod tersedia dengan berbagai warna: hitam, putih, dan hijau. Polylock PT. Petra Nusa Elshada merupakan produk lokal dan memiliki (TKDN). Welding rod PT. Petra Nusa Elshada memiliki 2 jenis yaitu lokal (TKDN) dan impor (non-TKDN).

Untuk menentukan penggunaan polylock dan welding rod yang tepat sesuai dengan project anda, silahkan menghubungi kami pada link berikut:

Hubungi kami