Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2023-03-30
  • PNE Team

Apa yang dimaksud Geomembrane?

geomembrane hdpe
Geomembrane HDPE

Geomembrane adalah satu dari beberapa jenis meterial Geosynthetics yang banyak digunakan untuk kebutuhan konstruksi geoteknik di Indonesia. Material ini memiliki sifat kedap air (impermeabilitas) sehingga dapat digunakan sebagai lapis kedap embung, kolam limbah, dan Tepat pembuangan akhir (TPA).

Geomembrane yang dikenal terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan bahan dasar material pembuatnya. seperti jenis HDPE (High Density Polyethylene), LDPE (Low Density Polyethylene), dan Geomembrane PVC (Polyvinyl Chloride). tipe yang paling banyak di gunakan di Indonesia adalah jenis ini.

Jenis Geomembrane HDPE

Jenis Geomembrane HDPE (High Density Polyethylene) adalah material yang sering ditemui dipasaran Indonesia mempunyai ukuran ketebalan mulai 0.5 mm hingga 2 mm dan ada juga yang menyediakan ketebalan lebih sesuai kebutuhan konsumen.

kolam geomembrane
Kolam geomembrane

Tipe Geomembrane HDPE ini mempunyai beberapa keunggulan antara lain anti korosi, dapat bertahan dari panas hingga 97 derajat celius, tahan sinar Matahari, masa pakai hingga 15 tahun. 

Jika digunakan Sebagai pelapis tambak jenis ini dapat meningkatkan produksi serta effiensi tinggi, karena masa pakai yang panjang hingga mencapai 15 tahun dan mungkin bisa lebih.

Jenis Geomembrane PVC

Jenis Geomembrane PVC memiliki bahan dasar polivinil klorida dengan ukuran ketebalan 0.1mm hingga 2mm mempunyai tingkat flesibilitas yang lebih dibandingkan jenis HDPE.

Secara umum memiliki karakteristik yang sama seperti jenis HDPE yaitu memiliki daya kedap tinggi, tahan dengan suhu tinggi, tahan zat kimia, dan juga UV. jenis ini juga bisa menjadi pilihan sebagai lapis kolam limbah, landfill, danau buatan dan dapat dengan kebutuhan.

Jenis Geomembrane LDPE

Geomembrane jenis ini mempunyai tingkat flesibilitas yang lebih tinggi dari jenis HDPE sehingga akan lebih mudah diaplikasikan untuk pemasangan diberbagai kondisi permukaan, jenis ini terbuat dari monomer etilen menggunakan proses tekanan tinggi melalui polimerisasi radikal bebas.

penggunaan material ini dilapangan banyak digunakan sebagai cover atau penutup pada open storage untuk melindungi material pada area konstruksi.

Secara karakteristik kurang lebih sama dengan jenis HDPE dimana geomembrane LDPE ini juga memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi dan daya kedap yang tinggi, tetapi dari sisa kekuatan memliki kekurangan yaitu mudah sobek jika dibanding dengan jenis HDPE.

Jika digunakan Sebagai pelapis tambak jenis ini dapat meingkatkan produksi serta effiensi tinggi, karena masa pakai yang panjang hingga mencapai 15 tahun mungkin bisa lebih.

Hubungi kami