• 2023-11-02
  • PNE Team

Fungsi Hingga Harga Geomembrane per Roll

Geomembran menjadi salah satu materi geosintetik yang ramah lingkungan. Penggunaanya tidak hanya pada skala pabrik, tetapi saat ini dalam skala rumah tangga juga menggunakannya. Harga geomembrane per roll sendiri bervariasi tergantung ketebalannya.

geomembran per roll
geomembran per roll

Geomembrane merupakan produk yang terbuat dari HDPE dan memiliki kekuatan kedap air. Selain itu, penggunaan produk ini bisa menghalangi dari sinar ultraviolet dan zat kimia berbahaya. Berikut ini beberapa hal mengenai geomembrane.

Apa Itu Geomembrane?

Geomembrane kerap digunakan sebagai alat untuk penampungan. Karena materialnya memiliki fungsi untuk melindungi material lain kotoran atau limbah berbahaya. Spesifikasinya yang kedap air turut mendukung hal tersebut.

Geomembrane sendiri memiliki tingkat ketebalan yang berbeda. Hal tersebut berdasarkan dengan bahan dasar pembuatannya. Semakin tebal geomembrane, maka fungsinya semakin bagus dan tentu harganya semakin mahal.

Dalam hal ini, geomembrane sangat berbeda dengan rincian geogrid yang didesain untuk sistem penguatan tanah. Geomembrane didesain sebagai material yang mampu menampung dan memiliki fungsi pelapisan. Sehingga penggunaannya juga berbeda.

Fungsi Penggunaan Geomembrane

Geomembrane bisa diaplikasikan pada berbagai kondisi. Sehingga banyak perusahaan besar di Indonesia yang memilih memanfaatkannya. Berikut ini merupakan beberapa fungsi geomembrane dalam industri baik perikanan, pabrik maupun rumah tangga.

geomembran kolam
Geomembran kolam

Alas Kolam

Pada perikanan, geomembrane digunakan sebagai alas dasar kolam. Bahan geomembrane yang bisa dibilang cukup tebal dan kaku sangat cocok untuk pembuatan kolam ikan. Selain harganya yang bisa dibilang ekonomis, geomembrane juga sangat praktis.

Alas Tambak Pengolahan Garam

Garam dengan kondisi bersih dan jernih biasanya menggunakan alas geomembrane. Dalam hal ini, geomembrane meminimalisir garam terkontaminasi bakteri maupun bahan kimia lainnya. Sehingga hasil yang diperoleh lebih bagus.

Penahan Limbah Biogas dari Industri

Dalam dunia industri, limbah harus benar-benar diperhatikan agar tidak mencemari lingkungan. Geomembrane sendiri digunakan sebagai alas sekaligus penutup limbah atau biogas sisa industri.

 Penampung Air

PDAM menggunakan geomembrane sebagai penampung air. Hal tersebut dikarenakan material ini memiliki keunggulan kedap air dan ramah lingkungan. Selain itu, air juga menjadi lebih bersih.

Baca Juga: Standar Geomembran HDPE Untuk Perikanan

Keunggulan Penggunaan Geomembrane

Maraknya penggunaan geomembrane sendiri dikarenakan banyaknya keunggulan dari pemakaiannya. Berikut ini beberapa keunggulan dari geomembrane baik dalam industri maupun rumah tangga.

  • Memiliki harga yang relatif lebih murah dan terjangkau
  • Dapat dibeli dimana saja baik offline maupun online
  • Mampu menahan sinar UV dan bahan kimia sehingga lebih aman
  • Sangat cocok digunakan pada area yang luas karena disediakan per meter
  • Ramah lingkungan sehingga aman digunakan untuk penyimpanan minuman
  • Mencegah kontaminasi zat berbahaya yang ada di luar area geomembrane
  • Memiliki berbagai tingkat ketebalan yang berbeda
  • Bisa langsung digunakan baik sebagai penampungan maupun sebagai alas kolam

Harga Geomembrane per Roll

Harga geomembrane untuk setiap roll nya berbeda. Hal tersebut dikarenakan perbedaan ketebalan material bahan penyusunnya. Meskipun demikian, harga material ini tergolong tidak terlalu mahal.

Pemilihan geomembrane sebaiknya disesuaikan dengan fungsinya. Karena terdapat berbagai jenis geomembrane, mulai dari yang tipis, tebal, kaku dan sebagainya. Sehingga perlu ketelitian dalam memilihnya.

Baca Juga: Harga Geotextile Non Woven dan woven Terbaru

Penutup

Bagi Anda yang hendak menggunakan geomembrane, kami menyediakan geomembrane dengan berbagai bahan penyusun berkualitas. Selain itu, harga geomembrane per roll yang kami tawarkan juga bervariasi dan masih dalam kategori terjangkau. Anda bisa menghubungi https://petrane.co.id.

Hubungi kami