• 2022-10-26
  • Petra Nusa Elshada

Standar Geomembran HDPE Untuk Perikanan

Jenis Geomembran biasa digunakan untuk tambak adalah geomembran HDPE (High Density Polyethilene) dan LLDPE (Linear Low Density Polyethylene). HDPE geomembran merupakan lembaran yang terbuat dari plastik polyethylene dengan kepadatan yang tinggi dan memiliki struktur yang fleksibel juga kedap air. 

HDPE geomembran yang digunakan untuk budidaya perikanan bermanfaat membantu mengurangi penumpukan material organik pada dasar kolam. Tumpukan material organik di dasar kolam jika menyentuh tanah dapat menimbulkan berbagai penyakit dan terbentuknya gas-gas beracun.

kolam ikan geomembran

HDPE geomembran telah digunakan sebagai pelapis kolam pada budidaya perikanan. HDPE geomembran juga sangat mudah dibersihkan dan dikeringkan setelah pengosongan kolam karena HDPE geomembran memiliki permukaan yang cukup halus. 

Perbedaan penggunaan Ketebalan HDPE untuk tambak garam dengan tambak ikan atau udang. Yaitu, plastik HDPE ketebalan 300 micron untuk aplikasi tambak garam; disisi lain, plastik HDPE ketebalan 500 micron untuk aplikasi tambak ikan atau udang. 

geomembran kolam

Lama penggunaan HDPE 300 micron bisa mencapai hingga 3 tahun. Sementara untuk HDPE 500 micron bisa mencapai 5 tahun. Semakin baik pengolahan lahan dan persiapan lahan, maka akan memperpanjang usia plastik HDPE. 

Hubungi kami