• 2022-11-23
  • Petra Nusa Elshada

Fungsi Reinforcement dengan Geotextile

Geotextile bisa memperkuat suatu system agregat pada tanah dalam arah yang berbeda, yang mana arahnya tergantung pada geometri, kapasitas daya dukung subsoil, beban lalu lintas dan jumlah beban. Jika beban dan tekanan poros tinggi, subsoil sangat lunak atau lapisan agregat sangat tipis, subsoil akan runtuh pada beban pertama yang akan melaluinya.

Pada umumnya degenerasi ini akan menyebabkan deformasi yang cukup besar. Geotextile akan turut mengalami deformasi dan berdampak akan memanjang. Aksi membrane akan memberikan resultante gaya keatas dibawah roda dan resultante gaya kebawah pada lingkup antar roda.

reinforcement geotextile

Geotextile mengalami tegangan lateral dan {sebab} itu mengurangi tegangan geser dalam agregat. Efek “Lateral restraint “ (pengekangan lateral), atau lebih ideal disebut efek “Base restraint“ ini memperbesar kapasitas penyebaran muatan pada base. Berikutnya lateral movement dari subgrade juga pengekangan geotextile disebabkan sebab adanya tegangan geser antara geotextile dan subgrade. Efek perkuatan ini disebut “Subgrade restraint” (Pengekangan subgrade).