• 2023-11-08
  • PNE Team

Mengenal Drainage Pipe, Keunggulan dan Jenisnya

Apa itu Drainage Pipe?

Yang dimaksud drainage pipe adalah pipa perforated (berlubang) dan corrugated (bergelombang) fungsi dari karakter tersebut sebagai perkuatan pada saat menahan beban timbunan tanah. Penggunaan pipa ini banyak di aplikasikan sebagai sub drain. Jenis pipa ini tersedia beberapa type yaitu dengan perforasi (berlubang) atau non perforasi (tanpa lubang drain), dengan dinding tunggal (single wall), dan juga dinding dua lapis (double wall).

drainage pipe
drainage pipe

Jenis Drainge Pipe

Corrugated Pipe Single Wall

Corrugated pipe single wall
pipe single wall Corrugated

Pipa berjenis Single wall corrugated ini diproduksi dengan satu lapisan material. Penggunaan pipa ini biasa dipakai untuk berbagai jenis proyek pembuatan sub surface drainage, dan juga french drain yang tidak dilintasi oleh beban kendaraan berat atau sejenisnya.

Baca Juga: Panduan Pemilihan Material Geopipe

Corrugated Pipe Double Wall

Corrugated Pipe Double Wall
Double Wall Corrugated Pipe

Tipe pipa ini memiliki dua lapisan material. Pipa ini juga biasa disebut geopipe yang memiliki dua lapisan yaitu dalam dan luar yang berprofil, keunggulan dari pipa ini adalah kuat ketika menahan beban kendaraan diatasnya. Penggunaan geopipe doble wall biasa dipakai untuk beragam proyek sistem drainase dan juga filtrasi dibawah jalan raya.

Corrugated Pipe Spiral

Spiral Corugated pipe

Pipa Spiral biasa disebut geopipe spiral adalah jenis pipa yang banyak digunakan pada gorong-gorong atau sistem drainase yang sering dilintasi oleh kendaraan berat. Contoh proyek yang menggunkan pipa ini adalah pipa pertambangan, perkebunan, jalan tol dan proyek sejenisnya.

Keunggulan Drainage Pipe

pipa perforated dan corrugated cocok digunakan untuk proyek drainase karena sifatnya yang lentur, selain ringan pipa ini juga terbilang murah dan tahan terhadap korosi. Jika dibanandingkan dengan pipa beton terntunya sangat berat dan mudah pecah.

Baca Juga: Pipa HDPE Corrugated dan Pipa Spiral

Atau juga bandingkan lagi dengan pipa besi yang memiliki bobot yang cukupu berat, mahal dan cepat berkarat. Pipa perforated dan corrugated cukup unggul jika dibandingkan dengan pipa lainnya karena ringan, kuat dan juga lentur tidak mudah pecah, murah dan tidak gampang korosi.

Jenis Pipa Corrugated yang memiliki dinding dalam rata (double wall) dapat memberikan aliran hidrolik yang cukup tinggi. Bisa tahan pada abrasi, korosi dan juga kimia. Lain lagi dengan dinding dalam yang rata, pada dinding luar mempunyai bentuk gelombang (pipa corrugated) sehingga akan membuat kekuatan tekan yang cukup tinggi dalam menahan beban tanah timbunan diatasnya.

Hubungi kami