Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2023-12-21
  • PNE Team

Geobag: Fungsi dan Keunggulannya

Apa itu geobag? Mungkin Anda pernah menjumpai penggunaan produk tersebut dalam proyek pembangunan. Biasanya digunakan dalam pengendalian erosi sungai maupun pencegahan abrasi pantai. Tentunya masih banyak fungsi dan kegunaan lainnya dari produk geosintetik tersebut.

geobag
Geobag

Dengan bentuk menyerupai kantong atau bantal yang terbuat dari material kain geotekstil woven maupun nonwoven, bagian dalamnya akan diisi dengan material tertentu. Namun pada umumnya adalah berupa pasir atau tanah. Baru kemudian kantong akan ditutup menggunakan jahitan sehingga benar-benar rapat.

Fungsi Geobag

Produk yang satu ini banyak digunakan dalam bidang pengendalian erosi sungai, memperkuat tanah hingga pencegahan abrasi pantai dan lain-lain. Adapun penjelasan lengkap mengenai fungsinya adalah seperti berikut:

Sebagai Pemecah Gelombang

Geotekstil berbentuk karung-karung yang telah diisi dengan material pasir atau tanah bisa menggantikan fungsi bebatuan. Dalam hal ini, fungsinya bisa sebagai pemecah gelombang sehingga secara efektif akan menghalau arus gelombang yang menghantam bibir pantai.

fungsi geobag
Fungsi geobag

Penataan karung-karung tersebut juga mampu memberikan perlindungan yang cukup efektif terhadap risiko masuknya gelombang pantai ke pemukiman warga. Pasalnya ombak yang datang akan terhalang oleh material tersebut.

Mencegah Terjadinya Abrasi Pantai

Gelombang laut bisa menyebabkan terjadinya pengikisan tanah di wilayah pesisir yang sifatnya merusak sehingga perlu dicegah dengan upaya yang tepat. Abrasi atau erosi pantai tersebut bisa dicegah dengan memanfaatkan geobag yang telah diisi dengan material pasir dan ditempatkan di bibir pantai.

Baca Juga: Mengenal Geotextile Tube dan Fungsinya

Dalam hal ini karung-karung geotekstil yang telah diisi dengan material pasir atau tanah bisa disusunĀ  sedemikian rupa sehingga tetap kokoh meskipun diterjang oleh ganasnya ombak yang menghantam. Dengan cara tersebut maka efek kerusakan yang ditimbulkan bisa lebih diminimalisir.

Mencegah Terjadinya Erosi Tanah

Tidak berbeda jauh dengan penggunaan karung geotekstil yang ditempatkan di pantai, produk ini juga bisa berfungsi sebagai penahan dan pencegah terjadinya erosi tanah yang sering terjadi di pinggiran sungai. Erosi tanah sendiri akan memberikan dampak yang sangat merugikan karena bisa menyebabkan banjir.

Keunggulan Pemasangan Geobag

Sebelumnya sudah sedikit disinggung mengenai keunggulan produk yang memiliki fungsi penting dalam upaya menjaga lingkungan dari kerusakan. Tidak heran jika banyak yang mengandalkan penggunaan produk tersebut untuk berbagai keperluan. Adapun keunggulan menggunakan geobag adalah:

Harga Terjangkau

Untuk memecah gelombang dan mencegah terjadinya abrasi ataupun erosi tanah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena harga produk yang digunakan sangat terjangkau. Cukup dengan mengisi karung berbahan geotekstil tersebut dengan pasir atau tanah potensi erosi bisa dicegah.

Pengisian Material lebih Fleksibel

Agar bisa berfungsi secara efektif, maka produk geobag harus diisi dengan material yang tepat. Meski begitu, material yang digunakan bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada di daerah setempat. Sebagai contoh, untuk pemecah gelombang materialnya bisa berupa pasir atau bebatuan yang tersedia di sekitar.

Ukuran bisa Disesuaikan

Keunggulan lainnya berhubungan dengan ukuran karung yang digunakan untuk mencegah abrasi pantai dan erosi tanah. Dalam hal ini Anda bisa menyesuaikan ukurannya sesuai kebutuhan. Tentunya semakin berat dan besar ukurannya akan semakin efektif untuk memecah gelombang yang datang.

Lebih Praktis dan Ramah Lingkungan

Material yang digunakan untuk menghalangi gelombang laut dan arus sungai merupakan bahan yang ramah lingkungan sehingga aman dan tidak akan mencemari lingkungan. Penggunaanya juga lebih praktis dibandingkan harus membangun konstruksi dengan biaya yang mahal.

Baca Juga: Mengenal Mesin Jahit Geotextile dan Karung

Dengan fungsi yang sangat penting dan beragam keunggulan yang ditawarkan, Anda bisa memanfaatkan produk tersebut untuk berbagai kebutuhan. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, Anda bisa langsung menghubungi produsen geobag yang sudah terpercaya hanya di https://petrane.co.id.

Hubungi kami