• 2023-01-04
  • Petra Nusa Elshada

Tips Geomembrane pada area Embung

Geomembrane merupakan salah satu produk geosintetik yang memiliki sifat kedap (impermeabel). Geomembrane umumnya digunakan pada tempat penampung supaya cairan tidak memasuki tanah timbunan dsb.

embung geomembran

Umumnya penggunaan geomembrane pada tempat penampungan serupa embung dapat menggunakan ketebalan ≥ 1 mm. Hal ini dikarenakan geomembrane dengan tebal kurang dari 1 mm, hanya digunakan pada area yang tidak menerima beban besar atau hanya proyek dengan skala kecil.

Ukuran untuk 1 roll geomembrane beragam menyesuaikan ketebalan yang dipakai. Berikut ukuran untuk tiap ketebalan:

  • Geomembrane 1 mm: ukuran 7 meter x 210 meter = 1470 m2
  • Geomembrane 1,5 mm: ukuran 7 meter x 140 meter = 980 m2
  • Geomembrane 2 mm: ukuran 7 meter x 105 meter = 735 m2

Pada saat pemasangan geomembrane akan mengikuti bentuk area penampungan dan untuk mengikat posisi geomembrane dapat dibuat angkur sepanjang ± 2 meter untuk tiap sisi. Ketika 1 roll luasan geomembrane tidak cukup, maka dapat dilakukannya penyambung geomembrane lainnya dengan cara pengelasan menggunakan mesin las geomembrane dan welding rod geomembrane.

geomembran embung

Umumnya setelah penyambungan akan dilakukan uji kebocoran dan kekuatan. Untuk kekuatan sambungan harus lebih baik dibandingkan dengan geomembrane. Dalam pemasangan area penampungan, geomembrane dapat digelar ketika area tanah tidak memiliki batuan atau vegetasi yang tajam yang dapat menusuk geomembrane.

Ketika area tanah masih terdapat resiko tusukan maka dapat dibantu dengan menggunakan geotextile non-woven ≥ 200 GSM. Dengan adanya geotextile non-woven maka tusukan akan ditahan dan tidak langsung menyentuh geomembrane agar mengurangi resiko kebocoran.

Berikut merupakan design sederhana dari pemasangan geomembrane pada area penampungan:

ukuran embung

Ukuran tinggi, lebar, dan panjang dapat menyesuaikan pada kebutuhan dan design real pada lapangan. Untuk peletakkan geosintetik dari tanah adalah geotextile non-woven dan ditutup dengan geomembrane. Kebutuhan luasan geomembrane umumnya perlu diberikan tambahan 10% karena adanya overlap antar sambungan. Produk geomembrane PT. Petra Nusa Elshada tersedia untuk produk lokal (memiliki nilai TKDN) dan produk impor (luar negeri).

Hubungi kami