• 2024-02-08
  • PNE Team

Geocomposite: Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya

Apa itu geocomposite? Mungkin Anda masih asing dengan istilah tersebut. Material ini merupakan salah satu produk geosintetik yang mengkombinasikan antara satu bahan geosintetik dengan bahan geosintetik lainnya. Jadi ada dua bahan geosintetik yang digabungkan dalam penggunaannya.

geocomposite
Geocomposite

Adapun tujuan dari penggabungan atau kombinasi kedua material geosintetik tersebut adalah untuk mendapatkan hasil dan fungsi yang lebih maksimal. Khususnya yang berkaitan dengan fungsi dari berbagai produk geosintetik. Untuk mengenal lebih jauh, Anda bisa mengikuti informasi lengkapnya di bawah ini.

Geocomposite adalah

Pada dasarnya istilah tersebut merujuk pada kombinasi atau modifikasi dari dua bahan geosintetik yang bertujuan untuk mendapatkan fungsi dan manfaat yang lebih lengkap. Seperti yang diketahui, dalam pekerjaan proyek konstruksi ada kalanya muncul beberapa kendala sehingga perlu diatasi dengan baik.

lapisan geocomposite
Lapisan geocomposite

Salah satunya adalah tidak berfungsinya material geosintetik secara optimal sehingga diperlukan modifikasi dan penggabungan yang tepat antara dua atau lebih bahan geosintetik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa modifikasi tersebut akan menghasilkan fungsi yang maksimal dengan biaya minim.

Jenis Geocomposite

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk mengatasi permasalahan dan kendala yang muncul di lapangan selama pengerjaan proyek konstruksi diperlukan modifikasi dari dua atau lebih produk geosintetik. Lantas, apa saja jenis geocomposite material yang bisa dimodifikasi atau dikombinasikan?

1.     Geotextile Composite

Jenis yang pertama adalah geotextile composite yang terbuat dari bahan geotextile non woven yang sering dimanfaatkan untuk fungsi perkuatan. Jenis material ini juga sering dikombinasikan dengan geotextile woven untuk mendapatkan fungsi perkuatan yang lebih optimal.

2.     Geotextile – Geonet Composite

Kombinasi lainnya adalah material geotextile non woven dengan geonet. Dalam hal ini kombinasi dilakukan dengan melapisi kedua sisi geonet menggunakan geotextile. Cara ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi filtrasi dan pemisah pada material tersebut.

Jenis ini dikenal dengan sebutan geokomposit drainase. Dengan menggunakan kombinasi dua material tersebut maka cairan bisa dengan mudah masuk ke pori-pori geotextile kemudian secara horizontal akan mengalir ke dalam geonet dan mengarah ke collecting drain.

3.     Geotextile – Geogrid Composite

Modifikasi lainnya yang sering dilakukan adalah geotextile non woven dengan material geogrid. Fungsi dari keduanya bisa dikombinasikan sehingga lebih efektif untuk sistem perkuatan pada tanah lereng maupun timbunan.

Seperti yang diketahui, geotextile non woven biasanya dimanfaatkan untuk filtrasi, separasi, stabilisator atau perkuatan, proteksi dan sistem drainase. Sedangkan geogrid biasanya digunakan untuk fungsi perkuatan dan base stabilisator.

1.     Geotextile – Geomembrane PVC Composite

Geokomposit jenis ini menggabungkan antara material geotextile non woven dengan geomembrane PVC. Pada kombinasi tersebut kedua sisi pada geomembrane akan dilapisi dengan material geotextile. Cara ini akan membuat ketahanan geomembran meningkat, baik terhadap gesekan maupun tusukan.

Keunggulan Geocomposite

Geokomposit sering dijadikan solusi untuk memaksimalkan fungsi material geosintetik karena dianggap memiliki banyak keunggulan, diantaranya adalah:

  • Efektif untuk fungsi perkuatan dan separasi sehingga dianggap lebih menghemat biaya dibandingkan material yang lain.
  • Memiliki ketahanan dan struktur yang kuat serta telah diuji coba untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.
  • Tahan terhadap zat kimia sehingga lebih aman untuk mendukung berbagai kebutuhan.
  • Tahan terhadap suhu panas dan cuaca yang memungkinkan untuk penggunaan di wilayah terbuka dan proyek konstruksi tertentu.
  • Memiliki performa yang benar-benar bagus dan stabil karena mudah untuk menyesuaikan dengan kontur tanah yang kurang rata.
  • Tidak mudah mengalami kerusakan dan lapuk karena tahan terhadap mikroorganisme.

Geocomposite merupakan jenis material geosintetik yang menggabungkan dan memodifikasi dua material geosintetik untuk mendapatkan fungsi yang lebih optimal. Untuk mendapatkan produk geokomposit yang berkualitas dengan harga kompetitif, Anda bisa mengunjungi situs kami di https://petrane.co.id/.

Hubungi kami