• 2023-04-28
  • PNE Team

Apa itu Geotextile Non Woven ?, fungsi serta Aplikasinya

Geotextile Non Woven adalah jenis material geosintetik geotextile selain woven. Mengapa disebut non woven dikarenakan material ini dibuat dengan cara tidak ditenun, jadi bagaimana proses produksinya kalau bukan ditenun?

proses produksi pada jenis non-woven adalah bahan baku disatukan menggunakan metode bonding atau interlocking. Selain dengan cara tadi ada juga ditemukan geotextile non woven yang diproduksi dengan metode kombinasi.

geotextile non woven
geotextile non woven

Yang dimaksud dengan Metode bonding adalah menggunakan dukungan mesin (mekanik), zat kimia, pelarut, suhu panas (termal), dengan cara menggabungkan dari beberapa cara tersebut. Sedangkan metode interlocking biasanya dilakukan dengan penerapan teknik needle punch atau penyulaman. pada dasarnya penggunaan bahan benang pada Geotextile menggunakan polypropylene (PP), polyester (PET) atau penggabungan kedua bahan tersebut.

Fungsi Geotextile Non Woven

Fungsi geotextile non woven secara umum memiliki tiga fungsi utama, seperti drainase, filtrasi, serta separasi. Dari ketiga fungsi tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa memang material tersebut menjadi mungkin berfungsi dengan baik karena memang dimiliki geotextile non woven itu sendiri.

Sifat permeabel (rapat berpori-pori kecil.) yang dimiliki Geotekstil Non Woven ini yang menjadikan cairan dapat menembus material dan juga bisa menahan padatan agar tidak dapat melewati. Menjadikan material tanah tidak terbawa oleh aliran air dan dapat terpisah dengan baik.

Baca Juga: Pengerian Umum Geotextile Serta Fungsinya

fungsi geotextile non woven
Fungsi geotextile non woven

Sebagai Drainase

Material Geotextile Non Woven bisa dijadikan elemen pasif sebagai pengangkut likuida atau gas. Dengan menggunakan material ini tanpa harus menggunakan material lain non woven dapat berfungsi dengan baik sebagai drainase. Tetapi material ini juga dapat digunakan sebagai material pendukung jenis geosintetik lain seperti geomembran dan material lain.

Sebagai Filtrasi

Fitrasi atau proses penyaringan dapat dilakukan adalah salah satu fungsi lain dari geotextile non woven. Pada saat melakukan fungsi ini, non woven dapat digunakan sebagai penahan partikel agregat yang halus. fungsi filtrasi ini yaitu dapat mencegah partikel halus dari pencucian maupun gerusan. Maka kedua elemen (cairan dan agregat) akan terpisah dengan baik.

Dilihat dari sejarahnya filtrasi ini sudah digunakan pada pertengahan 1960-an. waktu itu, penggunaan geotextile sangat masif, disekitar wilayah Eropa.

Sebagai Separasi

Fungsi geotextile non woven sebagai separasi dimaksudkan adalah, sebagai pemisah lapisan tanah yang berbeda jenis dan karakter agar kedua tanah tersebut tidak menyatu.

cara kerja non woven geotekstil sebagai pemisah yaitu, lapisan tanah yang halus (subgrade) tidak akan masuk pada lapisan granular yang permeabel. contoh sederhananya, lapisan halus yang terbawa air ini tidak akan hanyut. maka jika lapisan halus hanyut terbawa, pastinya posisi pun akan tetap dan tidak bercampur dengan lapisan lain yang ukuran partikelnya berbeda (base course).

Pemisahan dari bahan geotekstil non woven diperlukan untuk memastikan kinerja jangka panjang dari struktur konstruksi. Contoh penerapan yang paling umum adalah pondasi jalan raya, dasar lintasan kereta api, dinding bendungan, hingga tanggul laut.

Baca Juga: Geotextile Woven untuk perkuatan konstruksi jalan

Aplikasi geotextile non woven

Setelah dijelaskan material geotextile non woven seperti apa, pembahasan sebelumnya, material geotekstil non woven dapat digunakan pada proyek konstruksi dan teknik sipil, terutama diterapkan pada fungsi drainase, filtrasi, dan separasi.

pada dasarnya geotekstil non woven memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi, ukuran levelnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis woven. kelebihan ini membuat non-woven sangat cocok untuk digunakan dalam pemisahan. Ukuran ketebalan serta kuat tusuk geotekstil non-woven dapat memberikan bantalan serta perlindungan pada material geomembran di area kolam, kanal sungai, drainase, bendungan, dan pekerjaan pesisir, tanggul, pertambangan, tempat pembuangan akhir (TPA).

Hubungi kami