• 2024-01-09
  • PNE Team

Mengenal Geotube Sludge Dewatering, Keuntungan dan Prosesnya

Pembahasan mengenai geotube tidak hanya terbatas pada fungsinya yang secara efektif memberikan sistem proteksi terhadap potensi abrasi berat di kawasan pesisir. Lebih dari itu, dalam pembahasan mengenai geotube juga berkaitan erat dengan teknologi geotube sludge dewatering.

geotextile sludge dewatering
Geotube sludge dewatering

Seperti yang diketahui, geotube merupakan sebuah wadah berbentuk tabung atau pipa berbahan geotekstil. Selain dimanfaatkan untuk sistem proteksi abrasi pantai dan reklamasi, produk geosintetik ini juga dimanfaatkan dalam pengelolaan limbah. Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak informasi berikut.

Mengenal Geotube Sludge Dewatering

Mungkin masih banyak yang belum mengenal apa itu geotube dewatering dan apa yang membedakannya dengan geotube. Perlu diketahui bahwa geotextile dewatering merupakan sebuah teknologi pengeringan atau dewatering yang terbuat dari bahan geotekstil.

Baca Juga: Geotube Dewatering, Keuntungan dan Proses Pengerjaan

Bahan geotekstil yang digunakan dirancang secara khusus sehingga bisa dijadikan sebagai wadah atau tabung yang memungkinkan terjadinya filtrasi pada material lumpur yang ada di dalamnya. Tabung geotekstil tersebut dibuat dengan menggunakan teknik jahitan yang kuat dan dilengkapi lubang pengisian.

geotube dewatering
Geotube dewatering

Dengan menggunakan geotube, air akan mengalir keluar melalui pori-pori kain. Sedangkan padatan di dalamnya akan terus memadat dan jika sudah memenuhi standar minimum bisa dilakukan pengangkutan untuk dibuang sesuai prosedur yang ditetapkan.

Baca Juga: Geotube Sebagai Metode Terbaik Dalam Penanganan Limbah POME

Geotube sendiri memiliki ukuran yang cukup bervariasi dan fleksibel sehingga bisa ditempatkan di area yang diinginkan sesuai kebutuhan.

Manfaat dan Keuntungan Geotube Sludge Dewatering

Setelah mengetahui apa itu geotextile tube dewatering, Anda tentu bertanya-tanya tentang apa saja keuntungan dari penggunaan teknologi tersebut. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan geotextile tube sludge dewatering yang perlu diketahui.

  • Secara efektif mampu menghasilkan pengurangan volume serta retensi padatan.
  • Menghasilkan tingkat pembuangan limbah yang tinggi dengan filtrat jernih sehingga dapat disirkulasikan kembali ke dalam sistem.
  • Geotube dengan ukuran khusus secara efektif mampu menghemat ruang pada lahan yang terbatas.
  • Memudahkan proses penghilangan dan pembuangan padatan hasil filtrasi limbah.
  • Bisa menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk pengelolaan limbah dengan teknologi yang ramah lingkungan dan minim jejak karbon.
  • Bisa diandalkan dalam segala kondisi cuaca serta mampu mengurangi risiko dalam keselamatan operasional.
  • Lebih menghemat biaya dan waktu serta perawatan yang mudah.

Proses dan Tahap Geotube Sludge Dewatering

Dalam proses pengeringan dan pengelolaan limbah menggunakan teknologi geotube, setidaknya ada 3 tahapan yang diperlukan. Berikut ini penjelasannya:

1.     Tahap Pengisian

Tahap yang pertama adalah proses pengisian yang diawali dengan memompa lumpur ke dalam geotube. Kemudian polimer yang ramah lingkungan ditambahkan untuk memudahkan proses filtrasi yang akan membuat padatan terikat dan air terpisah.

2.     Tahap Pengeringan

Tahap yang kedua adalah proses pengeringan yang ditandai dengan pengaliran air limbah jernih dari dalam geotube melalui pori-pori kecil yang terdapat pada geotekstil. Proses ini akan menghasilkan dewatering yang efektif dengan pengurangan volume bahan yang terkandung di dalamnya secara efisien

Pengurangan volume ini memungkinkan untuk dilakukan pengisian berulang pada geotube. Hasilnya, lebih dari 99% padatan akan terikat dan filtrat jernih bisa dikumpulkan untuk disirkulasikan kembali melalui sistem. Air yang dihasilkan biasanya memiliki kualitas yang bisa digunakan atau dikembalikan ke saluran air.

3.     Tahap Konsolidasi

Tahap terakhir adalah konsolidasi. Setelah proses dewatering selesai, maka padatan di dalam geotube akan terus memadat seiring dengan sisa uap yang dikeluarkan melalui pori-pori kain. Pengurangan volume tersebut bisa mencapai 90%. Selanjutnya padatan bisa dibuang atau diaplikasikan ke lahan.

Geotube sludge dewatering adalah solusi yang paling efektif untuk pengelolaan limbah. Selain lebih menghemat biaya dan lahan, prosesnya juga cukup mudah dan lebih ramah lingkungan. Bagi Anda yang membutuhkan geotube dengan kualitas terbaik, bisa segera menghubungi https://petrane.co.id/.

Hubungi kami