• 2024-03-19
  • PNE Team

Geotube adalah: Manfaat, Fungsi dan Keunggulannya

Apakah Anda pernah melihat adanya tabung kain berukuran besar di tepi pantai? Itulah yang disebut geotube. Secara umum, geotube adalah salah satu produk geosintetik yang terbuat dari bahan geotekstil dengan bentuk menyerupai tabung atau silinder berukuran besar.

geotube
Geotube

Salah satu fungsi dari penggunaan geotube yaitu sebagai pemecah gelombang di lepas pantai sehingga gelombang yang menghantam tidak menimbulkan dampak abrasi yang parah. Dengan kata lain, geotube difungsikan sebagai perkuatan tebing pantai. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini.

Sistem Geotube adalah

Seperti yang diketahui, wilayah Indonesia memiliki garis pantai sepanjang 80 ribu kilometer. Selain berdampak pada potensi ekonomi yang besar, potensi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan juga tidak boleh diabaikan. Salah satunya adalah abrasi pantai. Itulah mengapa diperlukan penanganan yang tepat.

Upaya yang dilakukan untuk mencegah dan menangani permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan sistem perlindungan geotube. Material yang digunakan dalam sistem ini berupa bahan geotekstil dengan karakteristik yang kuat dan tahan terhadap cuaca.

Desain geotube sendiri berbentuk seperti tabung atau silinder dengan ukuran yang cukup besar. Biasanya geotube diisi dengan material pasir atau tanah dan dipasang untuk menahan kekuatan maupun tekanan yang tinggi. Berdasarkan fungsi dan kegunaannya, geotube bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

1.     Geotube Marine

Geotube marine biasanya diterapkan untuk keperluan proteksi terhadap abrasi pantai dan sebagai pemecah gelombang. Dengan adanya teknologi pemecah gelombang geotube tersebut, maka potensi terjadinya abrasi di wilayah pesisir pantai bisa diminimalisir dengan baik.

2.     Geotube Sludge Dewatering

Adapun geotube sludge dewatering lebih difungsikan sebagai filtrasi atau pemisah antar material cair dan material padat. Penerapan teknologi geotextile tube ini biasanya dilakukan dalam pengelolaan limbah dalam skala besar.

Geotube sludge dewatering
Geotube sludge dewatering

Manfaat dan Fungsi Tabung Geotekstil Geotube

Seperti yang sudah disinggung di bagian sebelumnya, geotube sering diaplikasikan sebagai sistem proteksi di wilayah pesisir pantai. Adapun manfaat dan fungsi geotube adalah seperti berikut:

●        Perlindungan dan Pengendalian Erosi

Manfaat dan fungsi yang pertama adalah sebagai sistem perlindungan dan pengendalian erosi tanah di wilayah pesisir pantai. Keberadaan geotube secara efektif bisa menjadi pemecah ombak dan menahan arus gelombang yang datang sehingga dampak abrasi pantai akibat tergerus ombak bisa dicegah.

●        Proyek Reklamasi

Penggunaan geotube juga banyak diaplikasikan untuk proyek reklamasi tanah yang memudahkan dalam pengembangan wilayah baru secara lebih efektif dan efisien. Material pasir atau tanah yang ada di dalam geotube bisa digunakan untuk membentuk daratan buatan dengan karakteristik yang lebih stabil.

●        Pengelolaan Limbah

Manfaat lainnya adalah untuk pengelolaan limbah padat maupun cair sehingga memungkinkan untuk dikelola lebih lanjut agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Keunggulan Teknologi Geotube

Apa alasan menggunakan teknologi tabung geotekstil semacam ini untuk perlindungan di wilayah pesisir dan dewatering? Tentunya ada banyak keunggulan yang menjadi alasannya. Adapun keunggulan dari geotube adalah:

  • Memiliki karakteristik yang kuat karena bersifat high strength geotextile, awet dan tahan terhadap paparan sinar UV maupun mikro organisme serta senyawa kimia semacam alkali dan asam.
  • Biaya pemasangan geotube relatif lebih murah dibandingkan konstruksi menggunakan material semen dan beton.
  • Menggunakan metode pengisian geotube yang mudah dan praktis sehingga menghemat waktu dan tenaga.
  • Dilengkapi teknologi khusus pada jahitannya yang memungkinkan untuk proses filtrasi yang lebih maksimal.
  • Perawatan yang mudah sehingga lebih menghemat biaya.
  • Tersedia dalam berbagai macam dimensi geotube yang bisa disesuaikan dengan kondisi lahan.

Dapat disimpulkan bahwa geotube adalah solusi terbaik untuk sistem perlindungan pantai dari potensi abrasi serta pengelolaan limbah secara tepat guna. Anda bisa mendapatkan produk geotube dengan kualitas terbaik hanya di https://petrane.co.id/.

Hubungi kami