• 2023-10-24
  • PNE Team

Jenis dan Manfaat Geomembran untuk Embung

Geomembran adalah salah satu material geosintetik. Bentuknya ialah lembaran impermeable berbahan sintetik sejenis plastik. Karakteristik kedap airnya membuat geomembran untuk embung kerap diaplikasikan.

embung geomembran
Embung geomembran

Selain kedap cairan, geomembran juga bisa disambung, dibentuk, serta digabungkan dengan cara mudah. Proses-proses tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan extruder atau mesin hot wedge.

Gambaran Umum Embung Geomembran

Geomembran untuk embung adalah bangunan penampung air yang dibuat di atas tanah dengan cekungan seperti danau atau kolam. Pada cekungan, material geomembran melapisi bangunan untuk menjadi lapisan yang bersifat kedap.

Baca Juga: Apa itu Geomembrane HDPE, Jenis dan Aplikasinya

Pelapis kedap ini bertujuan untuk mengganti material beton yang umumnya dipakai pada sebuah proses pembangunan permanen. Pembangunan embung dengan geomembran memiliki beberapa keuntungan

Ini disebabkan karena geomembran sendiri terbuat dari bahan lapis kedap bernama High Density Polyethylene (HDPE). Sifat bahan ini kuat, sehingga penampung air dengan geomembran memberikan keuntungan-keuntungan berikut ini:

  • Tidak memerlukan material seperti pasir, semen, konstruksi besi, dan batu.
  • Pengerjaan cepat dan mudah.
  • Material HDPE bersifat kuat, tahan terhadap kelembaban ekstrem dan bahan-bahan kimia, serta fleksibel.
  • Pembangunan embung dengan geomembran bersifat praktis dan lebih ekonomis.

Jenis-Jenis Geomembran di Indonesia

Setiap lapisan geomembran memiliki fungsi dan spesifikasi masing-masing. Beberapa jenis geomembran yang bisa dijumpai di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Flexible Polypropylene (FPP), dari resin hasil polimerisasi dengan polypropylene dan karet Ethylene Propylene Diene Monomer (EPDM).
  • Ethylene Vinyl Acetate (EVA), dari lapisan polimer yang bersifat tahan air.
  • Linear Low Density Polyethylene (LLDPE), dari monomer etilen dan hasil polimerisasi radikal bebas.
  • High Density Polyethylene (HDPE), yang kerapatannya bersifat tinggi.

Manfaat Geomembran untuk Embung

Pembangunan embung dengan material geomembran memberikan perbedaan manfaat sebelum dan sesudah pengerjaan. Untuk lingkungan sekitar, embung geomembran memberikan manfaat-manfaat berikut ini.

geomembran untuk embung
Geomembran untuk embung

Irigasi Perikanan dan Pertanian

Embung geomembran bermanfaat sebagai sumber irigasi untuk keperluan perikanan, seperti tambak udang dan kolam ikan. Selain itu, untuk sumber irigasi pertanian sendiri, embung akan mengairi padi saat musim kemarau tiba, atau mengairi pertanian palawija.

Baca Juga: Perbedaan Waduk dan Embung

Dengan demikian, lahan-lahan perikanan dan persawahan milik masyarakat dapat terus memperoleh pengairan di musim kemarau dari sebuah embung geomembran.

Konservasi Sumber Daya Air

Melansir informasi dari situs web Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Istimewa Yogyakarta, implementasi konservasi sumber daya air berguna untuk melestarikan sumber daya air melalui pengelolaan bentang lahan.

Pengelolaan ini juga harus sesuai berdasarkan prinsip hidrologi. Caranya adalah memperkecil aliran permukaan dan memperbesar daerah resapan air. Lalu, cara melestarikan sumber daya air adalah menghijaukan area resapan air.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membangun resapan air, seperti embung geomembran, biopori, sumur resapan, dan, serta dengan membuat terasering.

 Mencegah Banjir

Beberapa pakar lingkungan hidup berpendapat agar pemerintah mau merealisasikan program pembuatan embung atau penampungan air geogrid.

Ini disebabkan embung dapat menampung air hujan langsung, bahkan air dari lingkungan di sekitar penampungan. Dengan demikian, bencana banjir pun dapat dicegah.

Destinasi Wisata

Selain bermanfaat bagi kehidupan, pembangunan embung juga bisa sekaligus menjadi suatu destinasi wisata lokal yang dapat dimodifikasi. Di samping menikmati alam, masyarakat dapat membuat embung bersama usaha lain seperti sewa perahu, kuliner, dan pemancingan.

Penutup

Pembuatan geomembran untuk embung kami selalu menggunakan bahan berkualitas tinggi karena prioritas klien adalah nomor satu. Jika Anda tertarik, silakan hubungi nomor kontak yang ada di situs web petrane.co.id sekarang juga.

Hubungi kami