• 2023-04-18
  • PNE Team

Apa itu Cocomesh? Fungsi dan Cara Pemasangannya

Cocomesh

Selimut pelindung erosi merupakan produk yang memiliki 3 jenis material, yaitu: material alami (serabut kelapa), polimer, dan material logam. Cocomesh sendiri merupakan selimut pelindung erosi alami.

erosi lereng
Efek erosi pada lereng

Cocomesh adalah sebuah bahan alami yang digunakan dalam mencegah dan mengurangi dampak dari erosi pada lereng. Fungsi yang serupa dengan geomat pada umumnya. Perbedaan pada cocomesh dengan tipe selimut pelindung erosi lainnya adalah kemampuan perlindungan erosi yang berbeda sesuai dengan kemiringan lereng dan cocomesh hanya bersifat sementara.

cocomesh
Visual cocomesh

Fungsi Cocomesh

Cocomesh memiliki bentuk menyerupai sebuah jaring yang terbuat dari serabut kelapa. Cocomesh pada dasarnya dapat membantu dan menjadi media tanam yang baik dalam kondisi area yang perlu dilakukan penghijauan atau ingin diberikan vegetasi. Cocomesh dapat digunakan pada area yang berbatu maupun tidak. Cocomesh dapat diletakkan pada bidang yang landai maupun bidang miring.

Baca Juga: Geotube dan geobag sebagai proteksi abrasi

cocomesh terpasang
Cocomesh yang telah diberi tanaman

Secara umum cocomesh memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Media penghijauan
  2. Mencegah terjadinya erosi
  3. Memperkuat material pada area lereng / tebing
  4. Memperkuat tanah (dalam kasus tertentu)

Penggunaan umum pada material ini berada pada area lereng. Namun, cocomesh sendiri memiliki batas penggunaan mengikuti derajat kemiringan lereng. Berikut merupakan klasifikasi selimut pelindung erosi menyesuaikan derajat kemiringan lereng:

Pemasangan Cocomesh

Lalu bagaimana pemasangan produk ini? untuk pemasangan pada umumnya menyerupai dengan pemasangan matras erosi lainnya. Berikut merupakan langkah penggelaran cocomesh:

  1. Dilakukannya persiapan lahan (lereng)
  2. Dilakukan penggelaran
  3. Pada bagian atas lereng diletakkan dan diberikan pasak
  4. Tahap perapihan sehingga tidak ada bagian yang terlipat
  5. Bagian layer bisa disambungkan dengan layer lainnya
  6. Penyambungan dapat menggunakan cable tie maupun tali pada umumnya
  7. Dilakukan penanaman vegetasi pada area yang telah dilindungi cocomesh

Baca Juga: Rekayasa Proteksi Lerang

PT. Petra Nusa Elshada menyediakan atau menjual cocomesh yang terbuat dari material serabut kelapa. Produk PT. Petra Nusa Elshada memiliki spesifikasi berdasarkan ukuran mesh 2 cm x 2 cm, 3 cm x 3 cm, dan 4 cm x 4cm. silahkan hubungi link dibawah untuk informasi harga cocomesh dan teknis produk.

Hubungi kami