• 2023-01-23
  • Admin

Geotube dan Geobag sebagai Proteksi Abrasi

Area pantai memiliki resiko terjadinya abrasi yang dapat menggerus garis pantai. Dalam mengatasi abrasi yang terjadi karena gelombang air laut (ombak) perlunya sebuah struktur yang digunakan untuk meminimalisir dampak tersebut. Struktur pemecah ombak sangat beragam hamper serupa dengan bentuk tanggul dan retaining wall. Selain struktur tersebut sudah terdapat sistem pemecah ombak berupa tetrapod.

Pembuatan sistem pemecah ombak secara konvesional menggunakan bahan berupa beton. Terdapat inovasi tanpa menggunakan beton, yaitu menggunakan salah satu produk geosintetik berupa geotube. Geotube sendiri merupakan produk geosintetik yang terbuat dari polimer, geotube berfungsi ketika sudah diisi dengan material berupa pasir. Pasir pada dalam geotube berfungsi sebagai pemberian beban pada geotube dan juga membentuk geotube menjadi suatu struktur. Berikut merupakan design simple mengenai posisi geotube sebagai sistem pemecah gelombang:

geotube
Gambar 1. Tampak samping posisi geotube sebagai sistem pemecah gelombang

Geotube yang dipasang sebagai sistem pemecah gelombang wajib memiliki bagian yang berada diatas permukaan air laut. Hal ini dikarenakan ombak yang berada pada permukaan tidak dapat dipecah jika geotube terendam air laut secara keseluruhan. Geotube wajib dipasang sepanjang area yang memiliki resiko abrasi.

geotube
Gambar 2. Tampak atas posisi geotube sebagai sistem pemecah gelombang

Selain menggunakan geotube sebagai pemecah ombak untuk dapat memberikan proteksi lebih pada bibir pantai dapat menggunakan geobag. Geobag juga merupakan salah satu produk geosintetik, yang memiliki fungsi hampir serupa dengan karung pasir pada umumnya. Perbedaan geobag dengan karung pasir pada umumnya adalah ketahanan dari geobag yang memiliki standar geotextile. Standar atau spesifikasi pada geobag setara dengan geotextile dikarenakan geobag berasal dari material geotextile.

geotube
Gambar 3. Lokasi letak geobag sebagai proteksi abrasi pantai

Berbeda dengan geotube yang diletakkan pada area laut, geobag diletakkan pada area pasir pantai. Sehingga pasir pantai akan terlindungi oleh geobag dan geobag yang akan menerima proses abrasi yang ada. Untuk pemasangan geobag tidak ada pemasangan secara teknis hanya diletakkan dimana terdapat area dengan resiko abrasi dan dapat diisi dengan material sekitar (pasir pantai). Jika ketinggian pada geobag tidak cukup, maka geobag dapat diletakkan bersusun hingga mencapai ketinggian yang diinginkan.

Hubungi kami