Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-11-30
  • Petra Nusa Elshada

Cara Perbaikan Tanah Yang Lunak

Perbaikan tanah lunak adalah dengan cara meningkatkan daya dukung pada tanah itu sendiri sehingga tanah tersebut dapat memiliki kualitas yang baik untuk menahan beban konstruksi bangunan yang berada di atasnya. ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki tanah di antaranya efisiensi waktu, penghematan biaya, dan faktor pendukung lainnya.

perbaikan tanah

ada beberapa metode yang dapat diterapkan sebagai perbaikan struktur tanah yang lunak, yaitu geotekstil, vertical drain, corduroy, serta tiang pancang. pembahan beriku adalah pengertian dari salah satu metode tersebut saja yaitu Geotextile.

perbaikan tanah

Geotextile berbentuk lembaran sintetis yang tipis, fleksibel, dan permeable. Geotekstil ini biasanya digunakan untuk membuat tanah menjadi lebih stabil. fungsi yang lainnya, Geotekstil juga dipakai untuk perkuatan tanah yang lunak, penahan beban yang besar, memisahkan lapisan pelindung, dan meningkatkan kekuatan timbunan tanah. Kelebihan dari cara ini adalah pengerjaannya yang memakan waktu relatif singkat serta biaya yang lebih murah dibandingkan penimbunan tanah secara konvensional.

perkuatan tanah dengan geotextile

Hubungi kami