• 2023-07-26
  • PNE Team

Terpal: Fungsi, Jenis dan Bahan Pembuatan

Terpal biasanya digunakan sebagai penutup truk atau kontainer saja, terpal banyak difungsikan untuk mendukung kebutuhan bisnis para pengusaha. contohnya pada bidang pertanian sampai dengan konstruksi dan lain sebagainya. Berdasar udang-undang yang berlaku UU no.2 tahun 2009 tentang lalulintas angkutan jalan yaitu sebagai berikut, setiap kendaaran yang membawa material termasuk semen harus ditutup terpal.

Terpal tenda
Terpal tenda

Untuk mematuhi peraturan tersebut, terpal juga dapat bermanfaat sebagai pelindung mesin yang dibawa saat perjalan melalui laut seperti menggunakan kapal laut. Definis terpal adalah bahan yang berbentuk lembaran besar yang kuat, fleksibel dan juga tahan air.

Bahan Pembuat Terpal

Bahan terpal biasanya terbuat dari kain seperti kanvas atau poliester lalu dilapisi dengan poliuretan, atau bisa juga terbuat dari plastik seperti polietilen. Terpal juga sering memiliki sudut yang terpasang lubang agar dapat memperkuat di sepanjang sisi dan digunakan sebagai titik-titik ikatan untuk tali agar memudahkan pemasangan pada truk ataupun mobil pikup.

Baca Juga: Harga Terpal

Jenis Jenis Terpal

Terpal Katun

Terpal katun atau kain adalah terpal yang menggunakan bahan kanvas atau poliester bukan polimer dengan dilapisi oleh uretan yang akan membuatnya tahan terhadap air. jenis ini terbuat dari 100% kain kanvas katun alami, maka pada dasarnya akan menyusut atau meregang. jumlah penyusutan tergantung pada jumlah eksposur yang didapatnya. Terpal kanvas tidak terlalu tahan terhadap peregangan dan robekan.

terpal katun
Terpal katun

Terpal HDPE

Terpal HDPE atau biasa disebut terpal geomembran adalah material yang sudah sangat umum digunakan oleh para pengusaha tambak ikan dan udang di Indonesia. Jenis terpal ini umumnya terbuat dari bahan HDPE Geomembrane dengan ukuran ketebalan 0,3 mm s.d 0,5 mm. Jenis terpal hdpe ini dipilih karena memiliki kekuatan yang baik terhadap cuaca, matahari, dan zat kimia tanah.

terpal hdpe
Terpal HDPE

Terpal PVC / Terpaulin

Tarpaulin adalah terpal yang terbuat dari bahan PVC. Bahan PVC memilliki lapisan terpal 3 kain tipis yang terdiri atas satu lembar kain tipis yang selanjutnya dilaminasi di antara 2 lembar PVC (polyvinyl chloride). Jenis terpal ini tahan terhadap air dengan menggunakan bahan polyester, PVC, dan bahan lain. Terpal PVC ini memiliki sifat kedap air, tahan angin, dan juga tahan panas. Cocok untuk digunakan sebagai penutup barang muatan di atas truk.

terpal pvc
Terpal PVC

Hubungi kami