Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2024-05-15
  • PNE Team

Geogrid Untuk Perkuatan Tanah

Geogrid adalah jenis material geosintetik yang memiliki bentuk lembaran dan berlubang seperti rangka ini berfungsi sebagai tulangan dalam membangun struktur perkuatan tanah. bentuk lubang-lubang pada geogrid berbeda beda tetapi umumnya berbentuk segi empat, lonjong, adapun bentuk-bentuk lainnya.

geogrid
Geogrid

Geogrid cocok untuk perkuatan tanah, jika dilihat dari cara kerjanya adalah dengan cara digelar di atas permukaan tanah lalu kemudian diberikan timbunan sehingga akan terjadi interlocking akibat masuknya material timbunan ke dalam lubang-lubang rusuk dari geogrid dan akan menghasilkan tahanan gesek yang tinggi.

Fungsi Geogrid

Geogrid PP digunakan sebagai alat untuk memperkuat tanah pada lereng, memperkuat konstruksi jalan, dan sebagai abutment jembatan. Keuntungan menggunakan geogrid plastic adalah proses pengaplikasiannya yang cepat dan mudah, kekuatan Tarik yang tinggi, harga geogrid PP lebih murah daripada beton.

Geogrid berfungsi sebagai produk material perkuatan tanah biasa digunakan pada jalan kereta api, jalan raya, dinding penahan, dll. Cara pemasangan yang mudah dan digunakan pada urugan tanah granular yang sudah dipadatkan.

Spesifikasi Geogrid

Spesifikasi umum geogrid adalah sebagai berikut:
– Lebar: 3.95m
– Panjang: 50m
– Per Roll: 197.5m2
– Berat Per Roll: 65-66kg
– Warna: Hitam
– Bahan: PP (Polyproplylene)

Jenis Geogrid

Geogrid memilki tipe yang berbeda seperti Triaxial mempunyai ciri bukaan lubang yang dimiliki berbentuk segitiga dan secara fungsi kurang lebihnya sama dengan Produk tipe yang biasa disebut Biaxial yaitu untuk perkuatan tanah lereng. Perkuatan tanah jalan kombinasi dengan Woven Geotextile.

Hubungi kami