• 2023-10-06
  • PNE Team

Geomembrane HDPE : Spesifikasi dan Kelebihannya

Istilah plastik HDPE mungkin lebih familiar bagi kalangan umum daripada geomembrane HDPE. Pada umumnya geomembrane merupakan material pengerjaan konstruksi teknik sipil yang berkaitan erat dengan penampungan air.

geomembran hdpe
Geomembran hdpe

Untuk mengenal lebih jauh geomembrane secara umum dan khusus HDPE, ulasan artikel berikut ini akan membahas lengkap dengan fungsi, spesifikasi dan kelebihannya.

Apa Itu Geomembrane HDPE

Geomembrane merupakan material berbentuk lembaran yang dibuat dari bahan HDPE. HDPE adalah singkatan dari High Density Polyethylene dengan tingkat impermeabilitas cukup tinggi. 

Berbeda dengan kebalikannya yaitu permeabilitas yang memiliki pori agar cepat meloloskan air, impermeabilitas sangat kedap air. Material bersifat homogen dan berhubungan dengan bangunan penampung air.

Jenis geomembrane ada 3 yaitu:

  • Geomembrane HDPE
  • Geomembrane LDPE 
  • Geomembrane PVC

Setiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing yang tetap berkaitan dengan air. Dibanding LDPE dan PVC, HDPE lebih familiar sebab ada plastik untuk bungkus makanan.

Pembungkus plastik ini ada yang jenisnya HDPE dengan karakteristik lentur, tahan panas dan tidak mudah sobek. Maka, banyak penjual yang memilih jenis HDPE untuk membungkus minuman atau makanan panas juga dingin.

Lalu, apa itu HDPE dari material geomembrane? Geomembrane HDPE adalah salah satu jenis material geosintetik yang dibuat menggunakan bahan resin HDPE kelas tinggi. Bahan yang berkualitas menghasilkan produk dengan kelenturan dan daya tarik cukup kuat.

Pada penjualan bahan bangunan, material ini paling banyak ditemui di Indonesia. Tidak mengherankan jika pabrik banyak memproduksinya untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pembelian bisa secara eceran ukuran per m2 hingga per roll.

Ketebalan dari produk ini berjenjang mulai dari 0,5 mm hingga 2 mm. Selain itu ada pula yang lebih tipis yaitu 0,3 mm ataupun dengan ketebalan di atas rata-rata berdasarkan kebutuhan konsumen.

Terdapat pula sistem kustom, artinya penjual menerima pesanan sesuai kebutuhan pembeli atau pelanggan untuk ukuran khusus.

Spesifikasi Geomembrane HDPE

Ketika membutuhkan material geomembrane jenis HDPE, perlu mengetahui karakteristiknya secara lengkap agar tidak salah memilih. Pilihan akan berpengaruh terhadap harga material tersebut. 

geomembran roll
geomembran roll

Harga geomembrane HDPE 1 mm akan berbeda dengan harga geomembrane HDPE 2 mm dan jenis lain. Agar tidak salah dalam memilih dan membeli, berikut adalah spesifikasi dari geomembrane jenis HDPE yang biasa jual bebas di pasaran, yaitu:

Material

Jenis material adalah Virgin High Density Polyethylene.

Ketebalan

Ukuran ketebalan umum yang banyak dijual di pasar Indonesia adalah 0,3 mm, 0,5 mm, 0,75 mm, 1 mm, 1.5 mm dan 2 mm. Pemilihan ketebalan saat membeli tergantung kebutuhan melihat kondisi lahan dan tingkat cairan.

Biasanya pada penggunaan aquaculture material yang digunakan adalah ukuran 0,3 mm, 0,5 mm atau 0,75 mm. Jika penggunaan dalam penanganan limbah yang mencemari lingkungan sawit atau tambang membutuhkan ketebalan maksimal 1,5 mm dan 2 mm.

Lebar

Lebar material ada beberapa ukuran, 5,80 m, 6.00 m,  7.00 m dan customize. Dengan sistem kustom maka dapat memesan sesuai kebutuhan dan ukuran yang tepat.

Berat Per Roll

Untuk penggunaan dalam jumlah besar dan banyak sekalian dapat memilih per roll. Berat untuk per roll biasanya 150 kg, 1500 kg dan customize. Lagi-lagi sistem kustom akan memudahkan pelanggan guna memilih ketebalan paling tepat sesuai kebutuhan.

Selain itu dengan kebutuhan yang banyak harga geomembrane per roll lebih miring daripada membeli secara eceran.

Standar Internasional

Untuk mendapatkan kualitas terbaik pilih yang memiliki standar internasional berkode GRI-GM 13.

Warna

Warna dari geomembrane jenis HDPE biasanya adalah hitam.

Merek

Merek yang memiliki kualitas andalan selama ini adalah Solmax, Viromax dan Violine.

Karakteristik yang ada menjadi kejelasan supaya tidak salah ketika membelinya. Dari ciri tersebut pengguna dapat memilih yang paling tepat sesuai kebutuhan dengan ukuran pas.

Kelebihan Geomembrane HDPE

Bahan utama material berupa virgin HDPE, maka bisa dipastikan banyak keunggulan dan kelebihan geomembrane ini. Dengan sifat tahan air produk banyak digunakan dalam pembuatan konstruksi sipil yang berkaitan dengan penampungan air.

Beberapa kelebihan fitur unggulan geomembrane jenis HDPE adalah sebagai berikut:

Tahan Air

Seperti penjelasan sebelumnya, menilik bahan pembuatannya HDPE terkenal sebagai material yang ampuh menahan air. Untuk itu seringkali bahan dipilih untuk pembuatan kolam supaya tahan pada rendaman zat cair.

 Anti Korosi

Selain tahan air, HDPE juga populer sebagai bahan anti korosi. Bahan bermanfaat untuk berbagai jenis macam cairan penyebab korosi seperti air tawar, air asin, air limbah dan jenis cairan lain.

Tahan Panas

Jenis HDPE memiliki sifat tahan panas yang elastis dan cukup kuat. Karakteristik ini membuat HDPE recommended untuk segala kebutuhan terutama pembuatan kolam pada ruang terbuka. 

Ketahanan panas terkuat dapat mencapai 97 derajat Celcius dan tahan pada paparan sinar ultra violet.

Tahan Benturan dan Tidak Mudah Sobek

Keunggulan berikutnya, material tahan benturan dengan material lain. Kekuatan daya lentur cukup kuat dan elastis membuat produk tidak lekas sobek. 

Meskipun demikian harga geomembrane per m2 masih terjangkau dan ramah kantong apalagi jika beli per roll. Kelenturannya memang luar biasa dan membuat material aman tidak mudah tergores.

Awet

Melihat keawetan nya, HDPE cukup tahan lama dan memiliki umur panjang. Apalagi jika tidak terlalu sering tergores dengan material lain bisa digunakan sampai 15 tahun.

Fitur keunggulan dari geomembrane jenis HDPE ada banyak macamnya dengan kualitas berbeda. Semua dapat menyesuaikan kebutuhan agar tepat saat digunakan.

Proses Pemasangan Geomembrane HDPE

Untuk memasang geomembrane, membutuhkan persiapan dengan baik sesuai gambar perancangan geoteknik. Cara pemasangan membutuhkan proses mulai dari instalasi, pengujian hingga pemeriksaan.

Proses pemasangan secara lengkap dapat dilihat seperti berikut ini.

Pemeriksaan Tanah

Proses awal berupa pemeriksaan tanah pada lokasi yang akan dipasang geomembrane jenis HDPE. Jika jenis tanah lembek maka perlu pemadatan terlebih dahulu dengan penambahan material atau cara lain.

Selain  itu perlu memeriksa kontur tanah di lokasi untuk melihat bebatuan, tanah hingga pasir kerikil yang ada. 

Penggalian Tanah

Langkah berikutnya mencocokkan gambar konstruksi dengan lokasi yang akan digunakan. Perancangan yang ada kadang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan sehingga membutuhkan alternatif lain yang sejenis.

Tahapan ini menentukan bagian tanah mana yang perlu dilakukan penggalian, membentuk lereng atau membentuk lengkungan sesuai kebutuhan.

Dengan pengamatan dan riset yang baik maka pemasangan bisa tepat dan sesuai ukuran geomembrane HDPE.

Pembentangan Geomembrane HDPE

Jika lokasi sudah siap dan sesuai ukuran berdasarkan gambar perancangan teknik, saatnya melakukan pembentangan geomembrane. Standar pekerjaan harus sesuai standar SOP agar hasil maksimal dan tepat.

Proses dalam memasang geomembrane sangat tergantung pada kondisi tempat. Maka, sebaiknya ketika melakukan perencanaan gambar harus benar-benar pas agar hasilnya maksimal.

Aplikasi Penggunaan Geomembrane HDPE

Penggunaan geomembrane banyak diaplikasikan dalam bisnis atau industri. Bahkan bisa pula untuk hunian mungil yang memiliki kolam ikan sebagai alas kolam. 

Secara lebih luas, material geomembrane khusus HDPE cocok untuk berbagai aplikasi lain, seperti:

Tempat Pembuangan Akhir

Tempat Pembuangan Akhir atau TPA membutuhkan geomembrane jenis HDPE dalam pengelolaannya. Sebagai akhir dari proses pembuangan sampah membutuhkan pengelolaan dengan baik agar tidak mengganggu lingkungan sekitar.

HDPE pada material geomembrane diklaim cocok dan tepat untuk menekan limbah yang dapat mengganggu lingkungan. Dengan penggunaan yang baik, sampah dapat terkondisikan dengan optimal dan aman bagi lingkungan.

Tempat atau Kolam Pembuangan Limbah Industri

Aplikasi berikutnya yang sangat membantu sebagai tempat pembuangan limbah industri. Pekerjaan limbah industri secara teknis terbentuk menjadi beberapa jenis kolam yaitu:

  • Anaerobik Primer 1
  • Anaerobik Primer 2
  • Anaerobik Sekunder 1
  • Anaerobik Sekunder
  • Fakultatif
  • Anaerobik 1
  • Indikator 1
  • Indikator 2
  • Indikator 3
  • Mixing Pond

Harga geomembrane HDPE jenis industri harganya terjangkau dengan penggunaan maksimal.  Kolam limbah sebagai tempat pengolahan limbah cair. 

Fungsi plastik geomembran pada proses ini adalah dapat mengurangi polutan yang  kadarnya tinggi hingga sesuai dengan standar mutu.

Jika sudah dalam kondisi baik dan sesuai baku mutu maka air limbah yang sudah jernih dan bersih boleh dialirkan ke lahan.

Alas Tambak

Tambak merupakan kolam buatan yang biasanya terletak di daerah sekitar pantai. Dengan material alas berkualitas HDPE maka tambak tahan bocor dan awet untuk sarana budidaya akuakultur atau perairan.

kolam tambak geomembran
kolam tambak geomembran

Budidaya tambak untuk hewan seperti udang, bandeng, ikan dan kerang yang berhubungan dengan air payau atau laut. Masih banyak lagi budidaya lain dengan alas yang bagus dan berkualitas HDPE.

Selain menghemat pengeluaran karena material awet selama kurang lebih 15 tahun, geomembrane juga mudah diaplikasikan.

Baca Juga: Terpal Tambak, Terpal HDPE, Terpal kolam

Penyimpanan Air Besar

Untuk mengantisipasi terjadinya musim kemarau panjang, pada beberapa daerah menggunakan penyimpanan air besar. Tempat penyimpanan berupa penampung retention basin. Penampungan sebagai pengatur dan penampung aliran air hujan.

Aliran air yang masuk ke dalam cekungan dengan alas material HDPE akan meningkatkan kualitas air. Pada umumnya penyimpanan air besar ini disebut dengan embung.

Pond Lining

Instalasi pond liner berguna sebagai retensi cairan yang masuk reservoir, penyumbatan yang bahaya atau tidak, bak retensi hingga kolam taman. 

Keberadaan pond lining dengan geomembrane jenis HDPE akan memaksimalkan air yang ada dan memudahkan aliran menuju taman atau kebun.

Danau Buatan

Aplikasi dari geomembrane yang tak kalah menarik adalah sebagai danau buatan. Fungsi geomembrane danau buatan untuk mencukupi kebutuhan air baik perikanan di darat, pertanian, pengelolaan air minum dan lain sebagainya.

Tempat Penampungan Heap Leach Pad

Penampungan sistem Heap Leach Pad untuk pertambangan emas membutuhkan material anti bocor dengan ketahanan luar biasa. Geomembrane memiliki semua karakteristik tersebut sehingga cocok untuk digunakan.

Pada intinya setiap lembar dari HDPE sebagai alas yang tahan bocor, tahan benturan berbagai material dan awet dalam jangka panjang hingga 15 tahun. Bahkan geomembrane jenis HDPE banyak yang memilihnya sebagai pengganti terpal.

Geomembrane HDPE sebagai Pengganti Terpal

Selama ini terpal dikenal juga sebagai alas untuk berbagai kebutuhan. Sebagai alas mengeringkan padi, alas kolam hingga atap sementara. Hanya saja penggunaannya kurang tahan lama dibanding dengan geomembrane.

Untuk itu, banyak pengguna yang beralih dari terpal ke geomembrane jenis HDPE. Penggantian tersebut tentu karena memiliki beberapa alasan, antara lain:

Anti Bocor

Memilih terpal sebagai instalasi kolam atau berhubungan dengan air harus cerdas dalam memilih lokasi. Pada bagian ujung tertentu khususnya sudut lancip, terpal akan lebih mudah bocor.

Untuk menanggulanginya, banyak yang memilih geomembrane untuk material instalasi alas kolam. Material lebih tahan terhadap benda runcing dari tanah atau bebatuan dalam sudut lancip.

Dengan HDPE maka alas anti bocor dan bisa ditempatkan sesuai kebutuhan pada sudut yang bergesekan dengan material lain baik bentuk lancip atau runcing.

Tidak Mudah Lapuk

Pebisnis yang bergerak dalam budidaya perairan seperti ikan akan paham dengan keberadaan terpal yang penggunaannya tidak tahan lama. Terpal yang sering terkena sinar matahari dan air secara terus menerus lebih mudah lapuk.

Pelapukan yang dibiarkan membuat terpal rusak sehingga mengalami kebocoran. Untuk mengatasinya geomembrane jenis HDPE menjadi pilihan tepat karena tahan air sehingga tidak mudah lapuk.

Tahan Lama

Penggunaan terpal sebagai alas tidak tahan lama apalagi jika sering terkena air hujan. Hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 tahun terpal mulai lapuk, mudah bolong, pecah-pecah dan akhirnya tidak dapat digunakan kembali.

Sedangkan memilih geomembrane dengan ukuran tertentu sesuai kebutuhan akan lebih merasakan perbedaannya. Soalnya geomembrane tahan lama dan awet hingga 15 tahun lamanya. 

Memilih geomembrane lebih menekan pengeluaran dengan masa pemakaian selama bertahun-tahun. Dengan penggunaan dan fungi yang sangat banyak ketika mencari dan memilih geomembrane sebaiknya yang memiliki standar internasional. 

Standar tersebut adalah GRI-GM13 dan bisa pula SNI Binamarga HDPE Smooth. Untuk membeli material tersebut perlu memilih tempat yang terpercaya dan berpengalaman sehingga kualitasnya terjamin.

Penyedia Layanan Geomembrane HDPE Berkualitas

Rekomendasi penyedia material geomembrane jenis HDPE berkualitas adalah Petra Nusa Elshada. Informasi lengkap untuk jenis dan ragamnya bisa ke https://petrane.co.id/.

Produk memiliki kualitas unggulan dan sudah berpengalaman dari tahun 2015. Semua produknya premium, tidak hanya geomembrane jenis HDPE tapi juga yang lain seperti:

  • Geotextile non woven
  • Geotextile woven
  • Geotube
  • Geogrid
  • Geobag dan yang lainnya.

Produk geosentrik cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan inovasi dan berbagai efisiensi biaya yang menguntungkan pelanggan.

Pelayanan dari pegawai hingga seles cukup mumpuni dan ramah sehingga pelanggan tidak kesulitan untuk mencari tahu karakteristik material yang diinginkan. Jika produk sudah fix pihak Petra akan mengirim sesuai jadwal.

Tidak perlu khawatir dengan pengiriman baik terdekat atau jauh karena tepat waktu dan pelanggan tidak terlalu lama menunggu. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau untuk material jumlah sedikit atau banyak sekaligus.

Penutup

Mencari alas perairan yang tepat dengan banyak keunggulan seperti tahan lama, anti bocor dan tidak mudah lapuk bisa menggunakan geomembrane jenis HDPE. 

Untuk mendapatkan kualitas produk unggulan bisa langsung ke Petra Nusa Elshada yang terpercaya dan profesional.Adapun Geomembrane HDPE adalah jenis material yang memiliki fungsi sebagai alas penampungan air. Jenis tersebut cocok sebagai alas kolam, tambak, danau buatan hingga kolam limbah.

Hubungi kami