• 2023-07-17
  • PNE Team

HDPE Pipe Untuk Sistem Drainase Yang Baik

Jenis Pipa HDPE (High Density Polyethylene) pipe adalah pipa plastik yang memiliki fleksibilitas terutama penggunaannya pada sektor industri maupun pertanian yang difungsikan sebagai alat untuk mentransfer cairan atau gas. Pipa ini cukup lama menggantikan fungsi dari pipa beton atau pipa baja karena dikenal cukup baik dalam hal ketahanan.

hdpe pipe
hdpe pipe

Bahan dasar produk ini terbuat dari polietilen yang berdensitas tinggi dan juga sangat kedap terhadap air. Mengapa HDPE pipe ini sangat cocok untuk drainase? berikut penjelasannya.

HDPE Pipe

HDPE pipe adalah pipa yang memiliki bahan material plastik dengan tingkat elastisitas cukup tinggi hingga meterial ini dapat digulung. Jenis pipa ini yang beredar dipasaran biasanya, digunakan untuk kebutuhan pertanian, proyek PDAM, sampai dengan irigasi.

Mengapa HDPE pipe banyak dipilih? karena bahan plastiknya non-toxic, tidak beracun, tahan bahan kimia dan korosi, serta aman untuk air konsumsi yang digunakan sehari-hari dengan jangka waktu yang sangat lama.

Baca Juga: Pipa HDPE Corrugated dan Pipa Spiral

Seperti iulah mengapa HDPE pipe banyak digunakan sebagai alternatif sistem drainase selain menggunakan pipa besi. karena pipa besi sangat berbahaya apabila sudah korosi yang dapat membahayakan manusia apabila terminum. Kelebihan lain dari HDPE pipe ini ialah kekuatan tariknya yang tinggi, fleksibel dan ringan. Itulah mengapa pipa tersebut telah digunakan untuk aplikasi air kota dan industri selama bertahun-tahun.

hdpe pipe drainase
hdpe pipe drainase

pipa jenis ini juga ramah terhadap lingkungan yang membuatnya semakin disukai para penggunanya, terkadang orang menyebutnya sebagai geopipe.

Keunggulan HDPE Pipe

Keunggulan HDPE pipe ini adalah kuat serta elastis menjadikan dikalangan umum masyarakat di area dengan kontur tanah bebatuan yang curam, longsor, rawan gempa, dan tanah labil menggunakan produk ini agar aman.

Kekuatan pipa ini memang sudah cukup diakui terbilang lebih baik jika dibanding dengan jenis pipa lain, contohnya pipa PVC. Jenis pipa ini banyak juga digunakan untuk perkebunan, pipa industri, hingga pertanian mlihat bentuknya yang cocok dipergunakan untuk kondisi lahan yang agak sulit medannya.

Baca Juga: HDPE Pipe Butt Fusion Machine Tools

Mengapa Pipa PVC kurang baik dari HDPE, pipa ini sama-sama terbuat dari plastik memang sangat populer di dunia karena ringan dan kuat. Tetapi, dari segi ketahanan fisik, HDPE pipe sedikit lebih baik. Karena, apabila kontak langsung dengan air atau lumut, Pipa ini tetap berkualitas dan tetap terjaga. Sementara, jika pipa PVC akan berubah bentuk menjadi bengkok karena tidak tahan terhadap sinar UV dan mudah rapuh.

HDPE pipe Untuk Drainase

Mengapa mengapa HDPE pipe ini sangat cocok untuk sistem drainase. berikut beberapa penjelasan diantaranya:

Tahan lama

Usia Pemakaian HDPE pipe memiliki daya tahan tinggi. Yaitu Karena tidak adanya korosi atau karat yang menempel, berapa umur pemakaiannya? HDPE pipe memiliki umur yang panjang sehingga akan sangat menghemat biaya perawatan atau penggantian material. Pipa ini bisa bertahan sampai dengan 50 hingg 100 tahun lamanya, ini dapat menjadi solusi yang ideal tergantung pada penggunaan, pemasangan, dan desain proyek.

Ramah lingkungan

Penggunaan HDPE pipe sangat aman bagi lingkungan sekitar. karenanya material ini terbebas dari bahaya racun atau zat-zat berbahaya lainnya. Jadi dapat disimpulkan produk ini memang ramah terhadap lingkungan sekitar dan juga Pipa ini tidak memancarkan tingkat racun yang berbahaya.

Bentuk fleksibel

HDPE pipe digunakan memang sudah cukup luas, salah satunya digunakan oleh PDAM, karena keunggulannya pipa ini dikhususkan sebagai penghantar sistem drainase yang memiliki kualitas baik daripada pipa PVC biasa. Bahannya yang fleksibel, HDPE pipe dapat dengan mudah dipasang jika dibandingkan dengan pipa baja sehingga tidak diperlukan alat pengangkat berat apa pun selama pemasangan. HDPE pipe juga sangat fleksibel menjadikan produk ini dapat dengan mudah ditekuk.

Mudah dipasang

Pipa ini juga tergolong mudah dalam pemasangan, dan memiliki kekuatan tarik yang baik, menjadikan pilihan yang baik untuk penggunaan tanpa parit. Teknologi yang ada pada HDPE Pipe menjadikan produk ini dapat dipasang di bawah sungai, danau, kolam, ataupun anak sungai dengan gangguan publik yang minimal.

Kualitas HDPE pipe yang luar biasa sebagai material drainase menjadikan konsumen mendapatkan kualitas air minum yang bersih dan aman. Jika menggunakan jenis lain bisa jadi akan berisiko mengalami kebocoran yang menyebabkan kerugian yang buruk. mengapa HDPE pipe cocok untuk drainase.

Hubungi kami