• 2022-11-10
  • PNE Team

Pipa HDPE Corrugated dan Pipa Spiral

Pipa HDPE Corrugated

Merupakan pipa dari bahan polimer high density polyethylene (HDPE) dan berbentuk gelombang (spiral). Berfungsi sebagai pengganti pipa bawah permukaan yang menggunakan pipa beton dan sebagai pengganti pipa / selang yang ada di permukaan. Penggunaan material jenis ini sebagai pengganti beton dikarenakan berat dari pipa yang tercakup ringan dan lebih flexible, namun ketahanan terhadap beban diatas hampir serupa dengan pipa beton dan dapat terhindar dari retakan karena bersifat lebih ductile dibanding dengan beton. Untuk penggunaan di permukaan, hal ini didukung dengan kekuatan material polimer hdpe dibanding dengan pipa plastik / selang pada umumnya. Beban yang mampu ditahan oleh pipa hdpe corrugated ± 60 ton dan dapat menghemat biaya material ± 40% dibandingkan dengan pipa jenis lain. Tentunya corrugated tersedia dalam bentuk perforated maupun non-perforated sesuai dengan kebutuhan klien dan jenis projek yang ada

pipa hdpe corrugated
Gambar 1a. Pipa hdpe corrugated single wall (kiri) 1b. Pipa hdpe corrugated double wall (kanan)

Material ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu: jenis single wall (SWC) dan pipa hdpe corrugated double wall (DWC). Perbedaan antar keduanya berada pada lapisan bagian dalam, rentang diameter pipa, dan cara penyambungan antar pipa.

Pada single wall tidak terdapat lapisan tambahan sehingga bagian dalam pipa mengikuti bentuk dari bagian luar pipa, sedangkan pada double wall terdapat lapisan tambahan pada bagian dalam pipa sehingga bagian dalam pipa rata.

Untuk rentang diameter single wall memiliki rentang inner diameter 100 – 200 mm. Sedangkan pada double wall memiliki rentang inner diameter 100 – 600 mm. Lalu untuk penyambungan single wall hanya dengan memotong salah satu sisi pipa secara vertical lalu akan di overlap satu sama lain untuk membuat diameter yang lebih kecil sehingga bisa menyambung.

Untuk jenis double wall menggunakan rubber lalu memasukkan bagian male dengan bagian female.

corrugated single wall
Gambar 2. Penyambungan pipa hdpe corrugated single wall
hdpe corrugated double wall
Gambar 3. Penyambungan pipa hdpe corrugated double wall.

Pipa HDPE Spiral

Jenis pipa spiral merupakan pipa yang secara sekilas memiliki bentuk yang sama dengan hdpe corrugated. Perbedaan yang dapat terlihat adalah dari besar pipa itu sendiri, dimana pada pipa hdpe spiral inner diameter terkecil berada pada 800 mm dan inner diameter terbesar berada pada 2000 mm. Tak lupa karena hdpe spiral memiliki dimensi yang relatif lebih besar dibandingkan dengan hdpe corrugated maka biasanya digunakan untuk projek yang besar dengan beban yang lebih besar, sehingga memiliki rentang stiffness dari 2 kN/m2 hingga 20 kN/m2.

pipa hdpe spiral
Gambar 4. Pipa hdpe spiral

Untuk penyambungan antar pipa hdpe spiral tidak sama dengan hdpe corrugated, dimana menggunakan metode electrofusion atau fusion welding untuk dapat merekatkan dengan cara melelehkan polimer pada bagian yang bersambungan.

metode elektrofusion
penyambungan pipa hdpe corrugated
Gambar 5a. Penyambungan male-female pipa hdpe spiral (kiri) 5b. Penyambungan dengan clamp besi (kanan) 5c. Peleburan dengan electrofusion (bawah)

Pipa HDPE dapat digunakan sebagai aplikasi sebagai pipa drainase, pipa untuk perlindung kabel listrik maupun telekomunikasi, pipa aliran limbah pabrik, pipa ventilasi untuk kontruksi maupun area tambang, dan pipa untuk agriculture. Penggunaan ini dapat membantu proses konstruksi dikarenakan cost-friendly dan high durability.

Hubungi kami