Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-08-19
  • Petra Nusa Elshada

Jenis dan Type Geocell

Material Geocell memiliki beberapa fungsi yang harus anda ketahui, diantaranya yang paling bermanfaat adalah mencegah terjadinya longsor pada permukaan tanah yang berlokasi di atas lereng, untuk tanah yang sudah tidak ditumbuhi tanaman atau pohon besar lagi ini sangat penting. fungsi lain yang bisa dimanfaatkan dengan Geocell adalah dapat menstabilkan dan menambah daya dukung tanah yang lunak terutama pada pembangunan jalan.

Geocell cukup membantu, bagi seorang engineer tentunya harus faham jika geocell ini merupakan lembaran atau strip HDPE yang sudah disambung menjadi satu sehingga terbentuk struktur yang lebih kuat dan presisi. Bentuk Geocell sangat mirip seperti sarang lebah yang bisa dikembangkan seperti alat
musik harmonika. Keunggulan lain yang didapatkan dari pemakaian geocell tentu sangatlah banyak,
seperti, mudah untuk dipasang sehingga engineer dapat menyesuaikan kondisi dan struktur tanah.

Dengan penggunaan geocell, pemasangannya yang cepat sehingga tidak banyak menghabiskan waktu. Keunggulan yang lain bisa bertahan dalam jangka waktu hingga beberapa tahun ke depan, sehingga tidak dibutuhkan perawatan harian, tanaman rumput juga dapat tumbuh dibagian sela-sela dari geocell dikarenakan masih ada jalan nutrisi dari tanah yang bisa dipakai untuk pertumbuhan rumput dan juga memiliki fungsi indah atau artistik.

Saat ini geocell dibagi menjadi dua jenis geocell atau dua tipe yang juga masing-masing memiiki kegunaan berbeda. Tipe Geocell Smooth, mempunyai bentuk persis seperti seng tetapi jauh lebih kuat dan lentur dibandingkan seng, Geocell tipe ini berbeda, tipe smooth banyak digunakan pada beberapa konstruksi seperti bangunan jalan tol dan jembatan.

geocell smooth

Tipe yang kedua adalah Geocell Textured tipe ini banyak digunakan sebagai pembangunan jalan tol dan stabilisasi tanah pada lereng yang mempunyai bentuk fisik seperti sarang lebah dengan lubang-lubang kecil dibagian samping. Kedua tipe Geocell ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan harga geocell diIndonesia juga beragam.

geocell textured