Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2023-01-26
  • Petra Nusa Elshada

Konstruksi Jalan dengan Geotube

Kebutuhan untuk jalan akses merupakan hal yang penting seiring berkembangnya zaman. Konstruksi jalan pada umumnya mudah dilakukan jika area pondasi jalan memiliki jenis tanah dan area sekitar mendukung. Kondisi jalan yang susah dilakukan konstruksi adalah ketika area jalan tergenang oleh air. Hal ini umum terjadi ketika terdapat jalan akses yang harus dibuat pada area yang terpengaruh oleh kondisi muka air. Kondisi muka air dapat berubah sesuai dengan musim, cuaca, bahkan pasang naik maupun pasang surut.

Area dengan kondisi terpengaruh oleh keadaan air dapat menjadi jalan akses dengan bantuan produk berupa geotube. Geotube yang merupakan salah satu produk geosintetik yang dapat digunakan sebagai sistem pemecah gelombang. Berikut merupakan design sederhana dari kontruksi jalan menggunakan produk geotube:

geotube
Gambar 1. Design sederhana jalan menggunakan geotube

Geotube digunakan sesuai dengan ketinggian badan jalan yang diinginkan dan harus lebih tinggi dibandingkan muka air. Pada dasar jalan, dapat digelar geotextile woven dengan spesifikasi yang serupa dengan geotube. Geotube berada diatas geotextile woven dan diletakkan disisi kiri serta kanan sebagai area bahu jalan dan ditumpuk untuk mecapai ketinggian yang diperlukan. Geotube dapat diisi dengan material pasir untuk pemberian beban dan membuat struktur penahan. Pada area diantara geotube dapat diisi dengan timbunan untuk konstruksi jalan. Pada permukaan jalan pastikan diberikan kemiringan (crossfall) sebesar 2% – 4% agar air yang ada pada permukaan jalan dapat terbuang disamping dan tidak mengendap pada timbunan jalan geotube.

Dengan penggunaan geotube, maka proses konstruksi akan jauh lebih cepat karena tidak memerlukan struktur beton. Struktur beton pada area yang tergenang air tidak akan efektif karena masih memerlukan kondisi kering untuk dapat terjadinya pengerasan. Geotube juga membantu kontruksi timbunan jalan karena dapat memberikan tambahan friksi sebagai perkuatan serupa dengan penggunaan geotextile.

Dalam penggunaan geotube sebagai konstruksi jalan perlu dilakukan penentuan spesifikasi agar menghindari kerusakan pada geotube dan overbudget. Geotube yang digunakan pada kontruksi jalan dapat menggunakan bahan CT-90 atau diatasnya. Berikut merupakan data spesifikasi CT-90:

geotube
Tabel 1. Spesifikasi Teknis Geotube CT-90

Hubungi kami