• 2024-02-28
  • PNE Team

Mengenal Kelebihan dan Ukuran Geobag untuk Mencegah Abrasi

Penggunaan geobag banyak ditemukan di pesisir pantai, tepi sungai maupun daerah lainnya yang rentan mengalami erosi atau longsor. Dengan aplikasi geobag yang cukup beragam, tidak heran jika ukuran geobag di pasaran cukup bervariasi. Sehingga penggunaannya pun bisa disesuaikan kebutuhan.

geobag pencegah abrasi
Geobag pencegah abrasi

Seperti yang diketahui fungsi utama dari geobag adalah untuk menghalangi dan menghambat arus sungai ataupun ombak pantai sehingga mampu meminimalisir terjadinya pengikisan tanah. Untuk mengenal lebih jauh tentang geobag, keunggulan serta ukurannya, Anda bisa simak informasi berikut.

Sekilas tentang Geobag

Sebelumnya sudah disinggung mengenai penggunaan geobag yang sering digunakan sebagai penghalang ombak dan arus air sungai. Mungkin masih ada diantara Anda yang belum begitu mengenal apa itu geobag dan bagaimana bentuknya meskipun pernah melihatnya di pesisir pantai.

Geobag sendiri merupakan sejenis karung yang terbuat dari bahan geotekstil woven atau non woven. Bentuknya yang menyerupai karung memungkinkan untuk diisi dengan material tertentu seperti batu kerikil, pasir atau tanah.

geobag
Geobag

Namun biasanya untuk mencegah abrasi dan erosi material yang digunakan untuk mengisi karung geobag adalah pasir. Karung geobag yang sudah terisi nantinya akan dijahit dengan kuat sehingga material di dalamnya tidak keluar kembali.

Semua geobag yang sudah diisi material pasir, batu kerikil atau tanah biasanya akan disusun dan ditata sedemikian rupa di pinggir pantai atau pinggir sungai. Tumpukan geobag tersebut secara efektif akan menghalangi gelombang laut dan arus sungai sehingga mencegah terjadinya abrasi atau erosi tanah. Untuk upaya pencegahan tersebut, tersedia beberapa variasi ukuran geobag yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, biasanya geobag dengan ukuran besar sering dijadikan pilihan. Meski begitu, pilihan tersebut tetap disesuaikan dengan kebutuhan.

Keuntungan Menggunakan Geobag

Penggunaan geobag sebagai upaya untuk mencegah terjadinya abrasi pantai maupun erosi di bantaran sungai tidak terlepas dari beberapa keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan. Diantaranya adalah seperti berikut:

1.     Awet dan Tahan Cuaca

Salah satu keuntungan menggunakan geobag adalah awet dan tahan cuaca sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Dengan bahan geotekstil yang berkualitas, geobag tahan terhadap paparan sinar UV, mikro organisme di tanah maupun senyawa kimia.

2.     Efektif untuk Mencegah Abrasi

Penggunaan geobag cukup efektif untuk mencegah terjadinya abrasi di pantai. Geobag yang dipasang di pesisir biasanya berfungsi sebagai pemecah gelombang. Dengan adanya susunan geobag yang kuat maka hal itu akan meminimalisir terjadinya gerusan akibat hantaman gelombang di wilayah pesisir.

3.     Ukuran Bervariasi

Untuk memenuhi kebutuhan geobag sebagai pemecah gelombang maupun pencegah erosi di tepi sungai, pihak produsen sudah menyediakan ukuran geobag dalam berbagai macam variasi. Bukan hanya itu saja, biasanya produsen juga menyediakan ukuran kustom sesuai kebutuhan konsumen.

Sebagai gambaran, ukuran yang tersedia biasanya mulai dari 80 cm x 50 cm, 100 cm x 150 cm, hingga 200 cm x 150 cm.

4.     Murah dan Ramah Lingkungan

Keuntungan lainnya yang didapatkan dari penggunaan geobag adalah harganya yang murah dan ramah lingkungan. Jika dibandingkan dengan konstruksi tanggul menggunakan beton, maka penggunaan geobag sebagai tanggul sementara akan jauh lebih ekonomis dan menghemat biaya.

5.     Material bisa Disesuaikan Kondisi Wilayah

Meskipun pada umumnya karung geotekstil atau geobag sering diisi dengan material pasir namun tidak menutup kemungkinan untuk diisi dengan material lainnya sesuai kondisi wilayah masing-masing. Bisa saja geobag diisi dengan material berupa batu kerikil atau tanah seusai kondisi lingkungan di sekitarnya.

Geobag merupakan solusi praktis dan ekonomis untuk mencegah terjadinya abrasi di pantai dan bantaran sungai. Untuk mendapatkan produk geobag yang bagus dan berkualitas, Anda bisa menghubungi https://petrane.co.id. Anda bisa memesan ukuran geobag sesuai kebutuhan.

Hubungi kami