• 2022-07-11
  • Petra Nusa Elshada

Modifikasi Tanah Dengan Geotekstil

Geotekstil, jenis material yang sudah lama muncul di bidang sipil teknik dan bidang lainnya, menawarkan potensi besar dalam beragam bidang aplikasi secara global. Geotekstil memainkan peran penting bagian dalam desain dan pemeliharaan teknik perkerasan modern. Penggunaannya di seluruh dunia untuk aplikasi transportasi khususnya, Geotekstil adalah bahan yang ideal untuk pekerjaan infrastruktur seperti jalan, pelabuhan dan banyak lagi yang lain. Mereka memiliki masa depan yang cerah, berkat karakteristik multifungsinya.

geotekstil

Sejarah Geotekstil

Geotekstil adalah salah satu produk tekstil pertama pada manusia sejarah. Penggalian situs Mesir kuno menunjukkan penggunaan tikar yang terbuat dari rumput dan linen. Geotekstil adalah digunakan dalam konstruksi jalan raya pada zaman Firaun untuk menstabilkan jalan raya dan tepinya. Ini awal geotekstil terbuat dari serat alami, kain atau vegetasi dicampur dengan tanah untuk meningkatkan kualitas jalan, terutama ketika jalan dibuat di tanah yang tidak stabil. Hanya baru-baru ini geotekstil telah digunakan dan dievaluasi untuk konstruksi jalan modern.

Geotekstil saat ini sangat mengembangkan produk yang harus mematuhi banyak standar. Untuk memproduksi kain industri yang dibuat khusus, diperlukan mesin yang sesuai. Geotekstil telah digunakan dengan sangat sukses di pembangunan jalan selama lebih dari 30 tahun. utama mereka fungsinya untuk memisahkan sub base dari sub grade menghasilkan konstruksi jalan yang lebih kuat.

Serbaguna dan Hemat Biaya

Geotekstil melakukan fungsi ini dengan menyediakan massa serat yang padat pada antarmuka dua lapisan. Geotekstil telah terbukti menjadi salah satu bahan modifikasi tanah serbaguna dan hemat biaya. Penggunaannya telah berkembang pesat ke hampir semua bidang sipil, geoteknik, lingkungan, pesisir, dan hidrolik rekayasa. Mereka membentuk komponen utama dari lapangan geosintetik, yang lainnya adalah geogrid, geomembran dan geokomposit. ASTM (1994)

mendefinisikan geotekstil sebagai bahan tekstil permeabel yang digunakan dalam kontak dengan tanah, batu, bumi atau geoteknik lainnya. Geotekstil adalah bahan sintetis permeabel yang terbuat dari: bahan tekstil. Mereka biasanya terbuat dari polimer seperti poliester atau polipropilen. Geotekstil disiapkan dalam dua kategori berbeda yaitu Geotextile Woven dan Geotextile Non Woven.