• 2022-02-24
  • Petra Nusa Elshada

Perbedaan Geotextile dengan Geomembran

Getextile dan geomembran sering digunakan dalam konstruksi proyek. Kebanyakan orang berpikir geotextile dan geomembrane itu adalah geosintetik dengan jenis dan fungsi yang sama, pada kenyataannya, geotextile dan geomembran terbuat dari bahan yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda juga.

Geotextile adalah jenis geosintetik permeabel yang terbuat dari serat sintetis dengan tusuk jarum atau tenun, geotextile juga merupakan salah satu bahan geosintetik yang tembus air. Pada dasarnya geotextile ini berfungsi sebagai separator, filter, proteksi dan perkuatan. Geotextile terbuat dari bahan dasar polyester (PET) atau polypropylene (PP).

Geomembran adalah jenis geosintetik yang kedap air, geomembrane terbuat dari bahan high density polyethylene (HDPE) yang diproses secara khusus dengan teknologi tinggi. Geomembrane ini pada umumnya di gunakan untuk penampungan segala macam cairan

Ada kesamaan dalam kedua jenis geosintetik ini, kedua geosintetik pada umumnya banyak digunakan dalam proyek pekerjaan tanah.