Blog

Petra Nusa Elshada
  • 2022-07-14
  • Petra Nusa Elshada

Pipa Spiral HDPE

Pipa Spiral HDPE merupakan pipa corrugated yang memiliki diameter relative besar ( ID 800, ID 1000 , ID 1200, ID 1400, ID 1600,dan ID 1800) Pipa ini dapat menggantikan pipa beton , armco, dan gorong -gorong dengan biaya yang lebih terjangkau.

Pipa ini mampu bekerja untuk lalu lintas beban kendaraan berat ( Heavy duty vehicle) seperti sektor pertambangan dan sektor perkebunan. Hasil di lapangan yang telah teruji menjadi bukti nyata bahwa pipa ini memiliki kuatan yang tidak diragukan lagi.

Material HDPE dipilih karena material ini cukup tangguh dan tahan terhadap korosi, mikroorganisme, dan senyawa asam. Selain itu, material HDPE juga relative lebih ringan dibandingkan material pipa lainnya. Material HDPE juga memiliki nilai friksi yang rendah sehingga debit yang mengalir relative lebih cepat dibandingkan pipa beton biasa.

Di beberapa proyek, pipa ini dipadukan dengan Flap Gate HDPE. Flap Gate ini dapat berfungsi sebagai pintu air dimana Flap Gate dapat mencegah arus balik air ( backwater). Flap Gate banyak dipasang di saluran irigasi, sungai , dan saluran yang dipengaruhi pasang surut air laut. Apabila muka air di luar pipa sedang tinggi (pasang) , maka pintu akan tertutup secara otomatis, sehingga  arus balik air dapat dicegah. Sebaliknya, apabila muka air di luar pipa sedang turun ( surut ) maka aliran air dalam pipa dapat mengalir keluar pipa HDPE.