• 2024-02-16
  • PNE Team

5 Tahap Pemasangan Geogrid yang Wajib Diketahui

Geogrid termasuk salah satu produk geosintetik yang banyak dimanfaatkan untuk perkuatan. Mulai dari perkuatan timbunan jalan, dasar timbunan hingga perkuatan lereng. Material ini memiliki bukaan yang memungkinkan untuk saling mengunci dengan partikel tanah. Lantas, bagaimana pemasangan geogrid?

pemasangan geogrid
Pemasangan geogrid

Tentunya dibutuhkan cara pemasangan yang tepat agar fungsi dan manfaat geogrid bisa semakin optimal. Dalam hal ini ada beberapa tahap yang harus dilalui. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung mengikuti pembahasannya secara lengkap di bawah ini.

Aplikasi Geogrid

Geogrid banyak dimanfaatkan untuk berbagai proyek konstruksi, salah satunya pada jalan dengan perkerasan. Penggunaan geogrid secara efektif akan mereduksi retak, mengurangi deformasi pada permukaan dalam jangka panjang serta mencegah munculnya keretakan reflektif.

Sementara pada jalan tanpa perkerasan, geogrid akan membantu meningkatkan kekuatan subgrade serta menyebarkan beban pada subgrade agar meluas.

Cara Pemasangan Geogrid

Pada dasarnya dalam pemasangan material geogrid ada beberapa tahapan yang diperlukan. Diantaranya adalah tahap persiapan, tahap penyiapan geogrid, tahap pemasangan, penyambungan, penghamparan serta tahap pemadatan timbunan. Berikut ini penjelasan dari masing-masing tahap:

1.     Tahap Persiapan Lahan

Tahap pertama adalah persiapan lahan, dalam hal ini harus dipastikan terlebih dulu lahan yang akan dipasangi geogrid sudah bersih. Area penutup yang tidak rata perlu diratakan dan jika ada rerumputan harus dibersihkan.

Demikian juga jika kondisi tanah ternyata lunak, maka perlu dilakukan stabilisasi atau perbaikan terlebih dahulu. Selain itu, tanah dasar harus dalam kondisi rata dan sudah dipadatkan. Area lereng yang akan diperkuat dengan geogrid perlu dibuat trap sebelum melakukan proses penghamparan geogrid.

2.     Tahap Penyiapan Geogrid

Tahap penyiapan geogrid bisa dimulai dengan memastikan kondisi geogrid yang akan dipasang. Harus dipastikan bahwa geogrid dalam kondisi siap pakai, lolos uji dan memenuhi syarat. Jika ternyata geogrid rusak maka harus diganti sesuai spesifikasi yang sudah ditentukan pada desain.

3.     Tahap Pemasangan Geogrid

Tahap selanjutnya adalah pemasangan geogrid dengan memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah menempatkan geogrid dengan arah panjang gulungan yang tegak lurus terhadap arah timbunan yang memanjang. Arah sambungannya tidak sejajar dengan arah memanjang pada timbunan.

Material geogrid harus digelar dengan posisi mendatar serta ditarik dengan kuat sebelum dilakukan proses penimbunan. Alat berat tidak boleh melintasi geogrid sebelum ketinggian timbunan mencapai 15 cm. Selain itu harus dicek kondisi geogrid sebelum dan sesudah pemasangan agar tidak rusak.

4.     Tahap Penyambungan Geogrid

Pada tahap ini geogrid disambung dengan metode mekanis maupun struktural yaitu menggunakan alat bantu konstruksi atau dengan overlap. Pada metode penyambungan struktural harus memakai bahan penyambung yang tingkat ketahanannya sama atau lebih besar dari material geogrid.

Penyambungan geogrid HDPE searah antara gulungan dan sambungan bodkin, sedangkan pada geogrid PET penyambungan dilakukan dengan metode tumpang tindih.

5.     Tahap Penghamparan Geogrid dan Pemadatan Timbunan

Tahap penghamparan geogrid harus langsung diikuti dengan pemadatan timbunan sehingga tidak terjadi pergeseran pada geogrid. Untuk menahan geogrid agar tidak bergeser saat pemadatan maka bisa menggunakan pin.

Keuntungan Melakukan Pemasangan Geogrid

Seperti yang diketahui sebagai salah satu produk geosintetik, penggunaan geogrid banyak dipilih karena memiliki beberapa keunggulan. Pemasangan material tersebut juga dianggap lebih menguntungkan karena beberapa alasan berikut:

  • Memiliki ketahanan yang tinggi terhadap lingkungan yang sifatnya merusak seperti zat kimia dan biologi.
  • Memiliki karakteristik yang ringan sehingga lebih mudah dalam penanganan dan pemasangannya.
  • Lebih mudah untuk disambung.

Metode pemasangan geogrid bisa dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari persiapan lahan, penyiapan material geogrid hingga pemasangan dan pemadatan. Bagi Anda yang membutuhkan produk geogrid berkualitas, bisa mempercayakannya kepada kami di  https://petrane.co.id/.

Hubungi kami